Gubernur Perintahkan Satgas Saber Selidiki Pelaku Pungli Perikanan

  • Whatsapp
Gubernur dalam pertemuan bersama pelaku usaha kelautan. (Ist)
Gubernur dalam pertemuan bersama pelaku usaha kelautan. (Ist)
Gubernur dalam pertemuan bersama pelaku usaha kelautan. (Ist)

MANADO, MANADONEWS -Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, mewarning kepada para pelaku usaha bidang perikanan untuk tidak melakukan pungutan luar (pungli) di tengah laut.

Warning tersebut disampaikan Gubernur, pada pertemuan bersama pelaku usaha kapal ikan se-Sulut yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (PKPM) Sulut, di ruang CJ Rantung, (03/11).

Bacaan Lainnya

“Saya akan menginstruksikan Satuan Tugas Sapu Bersih  Punggutan liar (Satgas Saber Pungli) Sulut untuk menyelidiki pungli di lautan,” tegas penangungjawab Satgas Saber Pungli Sulut ini.

Olly menyebutkan, ada beberapa permasaalahan inti yang terungkap dari laporan para pelaku usaha kapal tangkap ikan yakni, regulasi dan mendorong peraturan pemerintah (PP) nomor 16 yang berdampak pada kapal ikan serta adanya dugaan pungutan liar (Pungli).

“Jadi memang saya sudah terima laporan adanya hambatan dalam pelaku ekonomi perikanan. Oleh karena itu koordinasi ini sangat penting agar bisa ada data valid yang harus saya bawa dan sampaikan ke pak Presiden melalui rapat terbatas di Sekertaris Kabinet (Seskab) yang jadwalnya dua minggu depan,” terang Gubernur yang didampingi Kepala DKP Sulut, Ronald Sorongan dan Kepala BKPM, Linda Watania.

Baca Juga:  Dua Pimpinan DPRD Mitra Dukung Indomaret Cs Hadir Disetiap Kecamatan

Kepada para pelaku usaha perikanan, Gubernur juga minta supaya memberikan laporan kepada pemerintah jika terjadi pungli, supaya segera ditindaklanjuti.

“Nanti data laporan dicatat oleh BKPM dan serahkan kepada saya. Memang dalam kunjungan Pak Presiden kemarin (bulan Oktober) lalu, ingin melakukan kunjungan ke Bitung melihat perkembangan termasuk pengusaha perikanan, tapi belum bisa,” ungkapnya, sembari menambahkan yang pada akhirnya arahan dari Presiden meminta Gubernur (Olly Dondokambey) harus segera bertemu dengan stakeholder pengusaha perikanan dan datanya dibawa ke Seskab untuk dibahas pada rapat terbatas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *