Launching Kalender Wisata Pesona Manado 2017 Spektakuler

fb_img_1479741907911JAKARTA,MANADONEWS- Nama Kota Manado sebagai Ibukota Provinsi Sulut dikancah Nasional semakin mengereget. Buktinya, Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Walikota Manado GS Vicky Lumentut melaunching kalender wisata pesona Manado 2017 berlokasi di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta tepatnya di Kementerian Pariwisata.

Data yang diperoleh peluncuran kalender wisata ini sebagai upaya untuk mempromosikan sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Manado, sebab Sulut pada tahun 2017 telah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 51.110 wisman serta 1,27 juta pergerakan wisatawan nusantara sekaligus mendukung program  Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mencapai target ditahun 2017 sebanyak 15 juta Wisman dan 265 juta wisnu.

“Saya memberikan apresiasi terhadap peluncuran kalender wisata pesona manado 2017 sebagai salah satu sarana mempromosikan potensi pariwisata Kota Manado yang dikenal wisatawan dunia dengan keindahan Taman Nasional Laut Bunaken,” ucap Arief Yahya.

Selain itu katanya,Bunaken sebagai destinasi marine tourism kelas dunia memiliki nilai jual tinggi. Dimana kita gencar  mempromosikan diantaranya ke Tiongkok sebagai pasar utama.

Baca Juga:  Beberapa Jam Dilantik sebagai Sekdaprov, Silangen Kukuhkan Pengurus BPRS Sulut

“Manado belakangan ini menjadi salah satu destinasi favorit dikalangan wisatawan Tiongkok. Dan pada bulan Juli – Agustus 2016 yang lalu saja kunjungan turis Tiongkok ke Manado naik hingga menjadi 1000 persen karena ada direcht fligh dari empat provinsi dan enam kota di Tiongkok,”kata Arief

Lebih jauh katanya, Manado mempunyai tiga A keunggulan utama yakni, Atraksi, Aksebilitas serta Amenitas . Dan untuk atraksi di manado memiliki antara lain, taman nasional laut Bunaken,Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Kawasan gunung tumpa,Kawasan kampung china,Kawasan kampung arab serta kilometer di jalan Wakeke.

“Untuk aksebilitas manado memiliki bandara internasional Samratulangi sebagai northern hub yang melayani 16 tujuan penerbangan domestik dan 9 penerbangan internasional dari 1 ke singapore dan 8 kota di Tiongkok sedangkan untuk jasa imunitas Manado memiliki  fasilitas wisata yang lengkap diantaranya jasa perjalanan wisata berupa usaha hiburan dan rekreasi dan MICE serta didukung dengan fasilitas akomodasi sebanyak 129 hotel berbintang dan non berbintang serta 5000 kamar,” tuturnya

Diapun menambahkan, pariwisata saat ini telah menjadi leading sektor dengan menyumbang 10 persen PDB Nasional ,kontribusi  devisa pariwisata sebesar 9,3 persen dengan pertumbuhan sebesar 13 persen serta menciptakan 9,8 juta lapangan kerja termurah sebesar U$$ 5000 /satu pekerjaan sedangkan industri lain rata rata U$$ 100000/satu pekerjaan.

Baca Juga:  Human Rights Watch Kecam Pekerja Anak dalam Industri Tembakau Indonesia

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, sektor pariwisata telah menjadi andalan Pemerintah Provinsi dan Kota Manado, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana tahun 2015 lalu sektor pariwisata telah memberikan kontribusi sebesar 28,17 persen dari total PDRB Kota Manado.

“Calender Of Ivent pariwisata kota manado tahun 2017 merupakan agenda atraksi unggulan destinasi pariwisata Manado yang digelar sepanjang tahun 2017 yang dikemas dalam satu paket kegiatan serba unik dengan kualitas daya tarik destinasi guna meningkatkan pengalaman ,belanja serta mendorong kunjungan ulang para wisatawan,” ungkapnya.

Lebih jauh kata Olly, untuk ini target kunjungan wisatawan ke kota manado akan terus meningkat. Sebab ditahun ini kami menargetkan 46-464 wisman dan 1,27 juta wisnus sedangkan target tahun 2017 adalah target kita naikkan menjadi 51,110 wisman dan 1,37 juta wisnus.

“Dengan begini maka pengembangan sektor pariwisata akan semakin tampak dan berguna bagi perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Walikota GS Vicky Lumentut mengatakan, sepanjang tahun 2017 nanti kami telah menyiapkan 21 kegiatan atau even pariwisata unggulan yang nanti diharapkan dapat menjadi event tahunan

Baca Juga:  Manado Kantongi 25 Kawasan Permukiman Kumuh

“Kita harapkan kalender pesona manado ini akan menjadi salah satu daya tarik untuk meningkatkann kunjungan wisatawan pada tahun depan,” ucap Vicky.

Selain itu katanya, ada sebanyak 21 ivent  pariwisata tersebut antara lain Bendi Weekend On Boulevard setiap akhir pekan disepanjang boulevard, pentas hiburan rakyat di Taman Kesatuan Bangsa, Figura Manado, Olahraga tradisional perairan Tulude diteluk Manado,Festifal Cap Goh Meg dikawasan pecinan.

“Semua ini kami lakukan untuk menggenjot peningkatan pada sektor pariwisata yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Ikut hadir dalam hajatan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Plt Soni Sumarsono, para Duta Besar negara sahabat serta para pejabat strategis di Kemenpar.

 

(Onal Gampu)