Dana BOK Tak Cair, Kadis Kesehatan Bolmong ‘Lempar Batu Sembunyi Tangan?’

drg. Rudiawan/Foto: manadonews/Steven
drg. Rudiawan/Foto: manadonews/Steven

LOLAK, MANADONEWS – Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun anggaran 2016 di wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong) sebagian besar tidak dicairkan.

Dana BOK yang diperuntukkan bagi pelayanan Puskesmas seperti kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), ada Puskesma yang hanya terima 1 triwulan, ada yang hanya 2 triwulan namun ada Puskesmas yang sama sekali tidak terima pencairan selama 4 triwulan.

Bacaan Lainnya

Saat dimintai klarifikasi oleh manadonews, Kamis (5/1), Kadis Kesehatan Bolmong drg. Rudiawan menjelaskan klausul tidak dicairkannya BOK, pihak Puskesmas tidak memasukan laoporan pertanggungjawaban sehingga tidak bisa dicairkan oleh kementerian Keuangan.

Sedangkan untuk dana BOK tahun 2017, katanya,  tinggal menunggu petunjuk teknis (juknis) Menteri Keuangan.

“Tahun ini pihak Puskesmas jangan terlambat dalam memasukan laporan pertanggungjawaban,” tukasnya mengingatkan.

Penjelasan Rudiawan perihal keterlambatan pihak Puskesmas justru berseberangan dengan hasil konfirmasi manadonews ke beberapa Puskesmas

Baca Juga:  Fernando Pardede: Awalnya Saya Sempat Gugup

“Kami telah memasukan laporan pertanggungjawaban kepada bendahara Dinas,” tutur salah satu staf Puskesmas.

Sayangnya Bendahara yang mereka maksudkan, saat ini telah diganti. Namun dengan pengakuan itu cukup mengindikasikan kalau Kadis sendiri, dalam kapasitas sebagai pimpinan dengan fungsi pengawasannya, seharusnya mengetahuinya.

Steven Rapar

 

Pos terkait