Pembumian Pancasila Ideologi Bangsa Perlu Segera Dirumuskan dalam Kurikulum Pendidikan

  • Whatsapp
Abdul Fikri Faqih/ist
Abdul Fikri Faqih/ist

JAKARTA, MANADONEWS Rekomendasi Raker komisi X DPR RI bersama  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhandjir Effendi, Kamis(19/1) yakni pembumian pancasila sebagai ideologi bangsa perlu segera dirumuskan untuk  mengisi  kurikulum pendidikan serta penguatan pendidikan berkarakter. Hal itu dikatakan anggota anggota komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih Jumat(20/1)

Menurutnya pendidikan berkarakter adalah program pemerintah. Sedangkan  Rinciannya kegiatan diterjemahkan dalam RKA yang sedang dimintakan pada Kemendikbud.
“Karena DPR tidak boleh lagi membahas satuan tiga,” tambah politisi dari PKS itu.
Sementara disinggung dihidupkannya kembali kembali pelajaran PMP(Pendidikan Moral Pancasila), menurutnya tidak pernah dibahas namun salah satu dari aspirasi yang berkembang di masyarakat.
“Tentu kita tak boleh mengulang perdebatan yang tidak produktif seperti yang terjadi di masa lalu,” katanya.seraya menambahkan silahkan berinisiatif sesuai kondisi aktual sekarang.
Sebelumnya Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadikkan Pendidikan Moral Pancasila sebagai mata pelajaran disekolah. Alasannya  mengingatkan kembali kepada anak bangsa arti pentingnya Pancasila.
“Kembali ke penguatan NKRI, ini merupakan salah satu indikator terpenting bagaimana mewujudkan revolusi mental yang dicanangkan Presiden. Revolusi mental bisa dimulai dengan kembali dimasukkan moral Pancasila di sekolah-sekolah,” kuncinya.(Rizal)
Baca Juga:  Operasi Patuh Samrat 2019 Resmi Dimulai Hari Ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *