Terkait Penahanan SBP, ILUNI UI Bakal Sambangi Mapolda Metro Jaya

  • Whatsapp
Sri Bintang Pamungkas/ist
Sri Bintang Pamungkas/Foto: TRBN/ist

JAKARTA, MANADONEWS – Jika tidak ada aral melintang, Senin(23/1) Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bakal mendatangi Polda Metro Jaya untuk silaturahmi dan doa bersama di ruang tahanan SBP (Sri Bintang Pamungkas).

Kegiatan itu sebagai bentuk solidaritas keluarga besar Iluni UI. Hal itu dikatakan ketua bidang Hukum Iluni UI Aoeriokoesoemo dalam rillinya Jumat(20/1)
Menurutnya kepentingan almamater terganggu karena beliau (SBP) tidak bisa mengajar mahasiswa.
Dijelaskannya, ketergangguan itu lantaran SBP adalah dosen di Fakultas Teknik UI dan ditahan dengan tuduhan makar oleh polisi. Padahal, katanya, proses penahanan SBP ditengarai melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Mulai pintu rumahnya didobrak, dipaksa keluar serta harus mengalami pemborgolan seperti kriminal pencuri, sebuah prosedur yang tidak patut dimata Alumni UI dan masyarakat sejak 2 bulan 20 hari lalu. Namun SBP menolak tuduhan dugaan makar dengan cara diam tidak menjawab pertanyaan penyidik.
Sekjen bidang hukum Iluni UI, Hidayat Matnur, menambahkan penahanan SBP menjadi simbol matinya kebebasan berpendapat di Indonesia pasca-reformasi 19 tahun lalu. Tuduhan dugaan makar itu menjadi setback di era demokrasi, yang hanya dapat dikenai terhadap individu/kelompok yang mengangkat senjata melawan Negara Republik Indonesia. Organisasi Papua Merdeka (OPM), misalnya, dan wilayah makar itu domain TNI.
“Tuduhan kepada kalangan intelektual dan warga sipil lainnya melalui penyampaian pendapat yang kebetulan berbeda dengan penguasa sekarang ini tidak dapat dibenarkan,” tambahnya.
Yang pasti,  Otokritik dan oposisi tidak boleh dibungkam dan ditakut-takuti oleh alat negara. Sehingga Iluni UI terdepan dalam menggalang solidaritas yang lebih besar lagi manakala negara sudah mengarah kepada otoritarian dan anti kritik, kuncinya.(djamzu)

Baca Juga:  Brani Tantang Sri Wahyumi Manalip

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *