Petani jagung bolmong alami kelangkaan pupuk

  • Whatsapp

Kadis pertanian.

 

Lolak manadonews.

Sektor pertanian merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah terbesar di kabupaten bolaang mongondow ( bolmong ),diantaranya hasil pertanian jagung yang pada tahun 2016 mencapai 750 miliar rupiah.

namun saat ini petani jagung bolmong mengalami kesulitan untuk mendapatkan pasokan pupuk.

Seperti pengakuan rais paputungan selaku petani jagung desa pasir putih kecamatan sangtombolang,paputungan mengatakan bantuan di awal tahun 2017 dari pemerintah kabupaten bolmong hanya berupa bibit jagung namun pupuknya tidak.

” kami bahkan mencari pupuk sampai keluar wilayah bolmong,ujar paputungan.

Selain itu,paputungan juga mempertanyakan penyaluran bantuan bibit jagung pada kelompok2 tani yang memakai mitra kerjasama diluar pemerintah.

Menanggapi hal itu, kepala dinas ( kadis) pertanian bolmong taufik mokoginta ketika ditemui diruang kerjanya mengatakan untuk penyaluran pupuk merupakan wewenang dinas pertanian provinsi sulawesi utara.

” untuk sebagian pupuk sudah ada di dinas pertanian provinsi dan tinggal tunggu waktu penyalurannya,kami akan mendapat laporan jika pupuk sudah tersalur ke kelompok2 petani”ujar mokoginta.

Baca Juga:  Kenakan Pakaian Adat, Andrei - Richard Ikut Upacara Harlah Pancasila

Untuk penyaluran bibit yang harus memakai mitra kerjasama,mokoginta menambahkan bahwa itu sudah merupakan prosedur dikarenakan mitra penyalur bibit merupakan produsen bibit tersebut.

“Apresiasi juga buat pihak tentara nasional indonesia (tni) yang membantu dalam penyaluran bibit”tutup mokoginta.(Steven rapar)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *