Mononimbar Tegaskan E KTP Berlaku Seumur Hidup, Tidak Perlu Diperpanjang

  • Whatsapp
Kepala Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan Minahasa Selatan Corneles Mononimbar

Kepala Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan Minahasa Selatan Corneles Mononimbar
MINSEL, MANADONEWS – Bagi masyarakat yang memiliki E KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) yang sudah dan akan habis masa berlaku tidak perlu khawatir karena E KTP tersebut berlaku seumur hidup.

Kepala Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan Minahasa Selatan Corneles Mononimbar mengonfirmasi kebenaran E KTP berlaku seumur hidup. Dia menyebut perpanjangan E KTP tidak diperlukan walau sudah habis masa berlaku.

“Kepada masyarakat yang memiliki E KTP yang sudah dan akan habis masa berlaku tidak perlu diperpanjang karena E KTP tersebut berlaku seumur hidup,” kata Mononimbar.

“Hal itu diperjelas karena sudah ada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 470/296/ SJ tanggal 29 Januari 2016 bahwa E KTP berlaku seumur hidup,” tegasnya.

Mononimbar menambahkan ketentuan itu sudah diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2013 yang tertuang dalam pasal 64 ayat 7 a.

“Undang-undang nomor 24 Tahun 2013 pasal 64 ayat (7) huruf a mengamanatkan KTP elektronik warga negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup. Selanjutnya KTP elektronik yang sudah diterbitkan sebelum UU itu ditetapkan berlaku seumur hidup. Artinya KTP elektronik yang sudah diterbitkan sejak 2011 berlaku seumur hidup, tak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya,” jelas Mononimbar.
(Devi. Karamoy)

Baca Juga:  Soal Penyaluran Bansos, Bawaslu Manado Didesak Tindaklanjuti Laporan Tim Hukum AARS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *