Kakorlantas Polri Ajak Polantas di Sulawesi Utara Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

  • Whatsapp

MANADO, MANADONEWS – Agenda kunjungan Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, MM di Sulawesi Utara dimanfaatkan juga oleh beliau untuk memberikan arahan terhadap seluruh Polisi lalu yang bertugas di Polda Sulut dan jajaran.

Tatap muka bersama Kakorlantas Polri, digelar di aula Tribrata Polda Sulut, Kamis (16/2), usai pelaksanaan peresmian Kantor Satpas Manado yang baru.

Dalam arahannya, beliau menekankan bahwa tugas Polisi itu memberikan pelayanan kepada masyarakat bukan untuk dilayani. Begitu juga dengan Polisi Lalulintas ditugaskan oleh Negara untuk menjaga kamseltibcar lantas. Karena menurutnya, tiga permasalahan utama di bidang lalu lintas itu adalah kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran.

Menurutnya, Polisi Lalulintas tidak bisa sendirian mengurus lalu lintas di jalan, harus melibatkan stake holder lainnya contohnya Pemerintah Daerah dan Dinas Perhubungan.

“Percuma banyak polisi lalu lintas di jalan kalau tidak diimbangi dengan perbaikan infrastruktur, seperti jalanan yang baik, penerangan jalan dan kelengkapan rambu lalu lintas,” jelas Kakorlantas.

Oleh karena itu beliau berharap jajaran Lalulintas dapat menjalin kerja sama dengan seluruh stake holder terkait bidang tugasnya.

Baca Juga:  MenHub Sesalkan Insiden Kekerasan Kepada Petugas

Ada satu filososfi yang beliau tekankan kepada seluruh anggota lantas, yaitu apabila ingin membangun Bangsa atau suatu daerah, maka mulailah dari jalan raya. Menurutnya di jalanan ada pemakai jalan (manusia) serta sarana dan pra sarana jalan.

Representasinya menurutnya adalah Pemerintah yang membuat jalanan harus bekerja dengan baik, tidak korupsi, melengkapinya dengan kelengkapan rambu dan penerangan. Begitu halnya dengan kendaraan, harus layak jalan. Sedangkan Polisi sebagai representasi dari penegak hukum harus betul-betul mengayomi dan melayani, dan masyarakat harus mau tertib dan taat aturan.

“Hal-hal tersebut jika berjalan dengan baik, pasti daerah bisa maju,” ujarnya.

Dalam acara tatap muka tersebut, Kakorlantas Polri juga memberikan apresiasi kepada personil jajaran Dit Lantas Polda Sulut yang berprestasi, yaitu 3 orang yang mewakili Perwira, Bintara dan PNS Polri, mereka adalah masing-masing AKP Bulasa personil Polresta Manado, Aiptu Dewi Sineri dan PNS Masholig yang bertugas di Direktorat Lalulintas Polda Sulut.(wulan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *