Watung Hadiri Rakornis TMMD 2017

BOLMONG,MANADONEWS,-.Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Adrianus Nixon Watung menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI  Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke-98 Tahun Anggaran 2017,acara ini diselenggarakan di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Kamis ( 9/3 ).

Watung mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong ) siap mendukung program TMMD dengan terus bersinergi dengan instansi yang terkait,terutama dari jajaran TNI.

” Semua ini bertujuan agar program-program pemerintah pusat bisa berjalan optimal sampai di masyarakat umum,sehingga peningkatan kesejahteraan rakyat terutama pada sektor pembangunan infrastruktur pedesaan dan kesehatan bisa meningkat “ujar Watung.

Rakornis ini dibuka oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Angkatan Darat ( KASAD ) Jenderal TNI Mulyono.

Pada kesempatan tersebut,Mulyono mengatakan,TMMD mulai tahun ini akan dilaksanakan 3 kali dalam setahun ,kalau yang lalu 2 kali,dan waktunya dari 21 hari menjadi 30 hari.

” Penambahan waktu TMMD ini,bertolak dari besarnya keinginan desa untuk meningkatkan pembangunan di daerahnya.Dengan pelaksanaan TMMD 3 kali dalam setahun, diharapkan desa yang membutuhkan sarana dan prasarana bisa terpenuhi.

Baca Juga:  Panpel Event TIFF 2019 Promosi di Kawasan Koenya-Koenya Manado

” Sasaran fisik dan non-fisik juga dilakukan supaya memberikan manfaat serta dorongan masyarakat agar  bergotong royong membantu kesulitan masyarakat.Terutama di desa terpencil,pinggiran terluar,sehingga bisa mendukung program Nawacita ” sambung Mulyono.

Rakornis TMMD ke-98 mengusung tema “Dengan Semangat Kemanunggalan, Kita Tingkatkan Sinergitas Lintas Komponen Bangsa Dalam Rangka Membangun Daerah dan Desa untuk Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

TMMD ini juga merupakan program terpadu lintas sektor antara TNI dengan Kementerian atau Lembaga baik pemerintah maupun non-pemerintah yang dilaksanakan bersama masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan khususnya di daerah tertinggal, terisolasi, perbatasan, daerah kumuh perkotaan, serta daerah rawan atau terdampak bencana.

Selain dengan Kementerian PUPR, program TMMD juga dikerjasamakan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi dan Kabupaten/Kota, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi serta Pemerintah Daerah/Pemerintah Kabupaten/Kota.

Turut Hadir dalam Kesempatan tersebut Ketua DPRD Kab. Bolmong Welty Komaling, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf. Sampang Sihotang.

Baca Juga:  Pemerintahan Harus Transparan, Efektivitas, Efisiensi dan Akunbilitas

( steven rapar )