Jadi Pembicara, Lukman Beber Soal Kembalinya Negara Federal Dalam Forum Ini

  • Whatsapp

Jakarta, MN-Ketua Fraksi PKB MPR RI, Dr. Ir. Lukman Edy, M.Si mengatakan sebelum Indonesia merdeka, para pendiri bangsa sudah mendiskusikan apakah Indonesia menggunakan sistem federal atau negara kesatuan.

“saat itu ada usulan negara federal dan negara kesatuan. Misalnya, kerajaan-kerajaan di Malaka. Tapi, karena lebih banyak yang memilih negara kesatuan maka Indonesia kemudian menjadi negara kesatuan,” kata Lukman Edy ketika berbicara di depan 100 peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Outbound di Ballroom Golden Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Sabtu siang (25/3).

Lukman menyatakan, setelah reformasi ide negara federal ini muncul kembali.

“Ide ini mucul sebagai akibat dari kesahan yang dibuat oleh pemerintahan sebelum 1998,” ujarnya seraya menambahkan waktu itu, pemerintahan sangat sentralistik, kekayaan negara kebanyakan digunakan untuk membangun Jakarta, sementara daerah tetap miskin. Jalan tengahnya muncul Otonomi Daerah Seluas-luasnya, tambahnya “Otonomi Daerah Seluas-luasnya ini sebagai koreksi terhadap pemerintah sebelum 1998,” tukas wakil ketua Komisi II DPR RI ini. Meski, menurut Lukman Otonomi Daerah Seluas-luasnya ini tidak jauh amat dari federasi.

Baca Juga:  DPRD Minsel Gelar Paripurna Pelantikan Pimpinan Dewan

Hanya saja, lanjutnya kalau saja waktu itu pilihannya jatuh pada sistem federal maka sangat berbahaya. “Karena sistem federal ini dekat sekali dengan dis-integrasi,” kuncinya.(djamzu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *