Tingkatkan Kesadaran Buang Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Minsel Gelar Sosialisasi Bank Sampah

MINSEL, MANADONEWS – Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup yang di pimpin Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roy Sumangkut ST.MT, melaksanakan kegiatan sosialisasi Pengendalian Pencemaran Limbah Domestik Sampah bersama stake holder. Ada pun yang menjadi Project Leader program bank sampah ini yaitu Dorkas Singkala ST.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, dilaksanakan di Sabua Hello 88 Pantai Alar Jln Boulevard Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur, Jumat (5/5/2017).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roy Sumangkut mengatakan, sosialisasi tentang bank sampah ini sangat berpengaruh dalam lingkungan karena sesuai amanat dari UU no 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah dan Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup 53 Tahun 2016 tentang pedoman pelaksanaan Adipura dan Permen LH nomor 5 Thn 2013.

“Sosialisasi ini sangat penting bagi semua masyarakat yang ada. Karena disini dibimbing bagaimana tentang kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya dan dapat memilah sampah untuk kemudian dibawa ke bank sampah. Juga bagaimana kita memilih sampah untuk dijadikan suatu kerajinan untuk menambah perekonomian kita,” terang Kepala Dinas Ligkungan Hidup Roy Sumangkut ST.MT.

Baca Juga:  Istri Korban"Tabrakan Maut" Pasrah Tapi Minta Tersangka di Proses Hukum

Sementara itu Project Leader program Bank Sampah Dorkas Singgala mengatakan diharapkan dengan sosialisasi ini bisa merubah pola pikir masyarakat tentang membuang sampah.

“Memang untuk merubah pola pikir masyarakat sangat sulit. Namun diharapkan dengan adanya program bank sampah ini, setidaknya mampu meminimalisir sampah disetiap wilayah lingkungan Minahasa Selatan. Kita juga ingin membuat sampah bukan menjadi sebagai barang yang tidak berharga tetapi menjadi barang yang mampu mengahasilkan, mempunyai nilai keuntungan di dalamnya baik untuk masyarakat sekitar kita,” jelas Singgala.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan seluruh stake holder untuk bisa bersama-sama melaksanakan program ini, agar kedepan masyarakat Minahasa Selatan dapat merasakan hidup bersih bebas sampah dan bisa meraih suatu keuntungan, juga menjadi kerinduan Pemkab Minsel sekiranya boleh meraih penghargaan Adipura ditahun 2018,” pungkas Singgala.
(Devi. Karamoy)

Pos terkait