Pieris Menilai Cita-Cita Kemerdekaan Dinilai ‘Keluar’ Dari Cita-Cita Proklamasi

  • Whatsapp


Jakarta, MN –Ketua Kelompok DPD MPR RI, Prof. Jhon Pieris mengatakan, cita-cita kemerdekaan melenceng dari cita-cita proklamasi.

“Saya kurang tahu salahnya dimana, Apakah parlemen juga terutama yang tidak melaksanakan fungsi kontrol dengan baik terhadap kedaulatan bumi, kedaulatan sumber daya alam yang harusnya kita kuasai bukan perusahaan-perusahaan asing,” kata Pieris dalam diskusi 4 Pilar MPR RI yang mengambil tema ‘Memaknai Pasal 33 UUD NKRI Tahun 1945’ di Press room, Komplek Parlemen, Senin (8/5).

Menurutnya belajar dari Venezuela dan beberapa negara di Asia juga bahwa memang tanpa investor, tenaga ahli dan modal maka sulit.

“Bergaining position dan power lemah disitu,” katanya seraya menambahkan ingin secara konservatif menuntut kedaulatan bumi kedaulatan sumber daya alam tetapi, kata investor anda punya apa? modalnya berapa?.

Oleh karena itu dirinya berharap pasal 33 harus dirombak total. Sebab kalau berdasarkan efisiensi berkeadilan dan efisiensi lebih diutamakan.

“Jadi pertumbuhan dulu sebanyak-banyaknya, pengurasan sumur-sumur minyak itu sebanyak-banyaknya, siapa yang menguras, kembali ke investor asing, kita dapat remah-remah nya saja atau sampah-sampah nya saja,” pungkasnya. (djamzu)

Baca Juga:  Lintas Komisi DPRD Minut Hearing Dinas dan Kontraktor Jembatan Kuwil

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *