Yanni Buka Perayaan Adat Mongoliput Desa Mopait

 

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow (Bolmong) Yanny Ronny Tuuk resmi membuka Perayaan Adat Tradisi Mongulipot di Desa mopait,sabtu (1/7).

Yanni Tuuk dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi perayaan Mongulipot yang ke-7 kali yang sudah dilaksanakan di Desa Mopait.

“ Pemda Bolmong sangat mengapresiasi perayaan Mongulipot ini, sangat positif apa yang dilaksanakan pada hari raya idul fitri kali ini. Karena ini adalah kekayaan budaya lokal Bolmong yang terlupakan, dan hari ini diangkat kembali selama 7 tahun terakhir. Ini sebenarnya tidak boleh dibiarkan, makanya Pemkab Bolmong sangat merespon apa yang dilaksnakan masyarakat Mopait ini,” katanya.

Lanjutnya, marilah kita semua untuk selalu menjalin tali silaturahmi dan selalu mempererat tali persaudaraan antar sesama. Sehingga solidaritas dan toleransi antar umat beragama selalu terjalin dengan baik.

“Saya berharap kepada kita semua untuk selalu menjaga kesatuan dan persatuan, keamanan dan kenyamanan di seluruh wilayah Bolmong. Dan lebih khusus di kecamatan lolayan dan desa mopait ini, agar tercipta suasana yang kondusif, supaya program pembangunan di Kabupaten Bolmong dapat berjalan dengan baik,”harapnya.

Baca Juga:  Pdt.Tangel Harap Wagub Kandouw Terus Jadi Berkat Bagi Rakyat Sulut

Ditambahkannya, pihaknya berpesan kepada Camat serta seluruh sangadi, perangkat desa, DPD dan seluruh masyarakat desa mopait agar selalu melestarikan perayaan tradisi mongilipot ini.

“Ya, karena hal ini adalah salah satu bentuk kearifan lokal masyrakat Bolmong khususnya masyarakat desa mopait. Sekaligus ajang silaturahmi serta sekaligus objek wisata kuliner di Bolmong dan BMR pada umumnya,”tandasnya.

Dalam kegiatan ini juga turut dihadiri Asisten lll Provinsi Sulut Rudi Mokoginta, Forkopimda, SKPD se Bolmong serta Camat dan para sangadi se Kecamatan Lolayan dan tamu undangan lainnya.
( stvn )