BPN Kotamobagu Gelar Penyuluhan PTSL

 

 

 

 

KOTAMOBAGU,MANADONEWS,-.Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotamobagu menggelar sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),senin (21/08) di Kantor Kelurahan Pobundayan Kecamatan Kotamobagu Selatan.PTSL ini merupakan program yang dibentuk pemerintah untuk melayani persoalan sengketa tanah yang sebagian besar anggarannya dibiayai oleh pemerintah, serta anggarannya berasal dari pajak.

Kegiatan ini terbagi menjadi empat wilayah masing masing pukul pukul 10:00 wita di kantor Kelurahan Pobundayan,pukul 14:00 kantor Desa Kobo Kecil,pukul 15:00 kantor Kelurahan Sinindian,dan pukul 19:30 Di kantor Kelurahan Molinow.

Kepala BPN Kotamobagu Freddy Kolintama,SE.,MSI,dalam sambutannya mengatakan,dengan adanya PTSL ini untuk bisa meningkatkan kesejahteraan dan mendorong ekonomi masyarakat menjadi lebih baik.

” Pendaftaran tanah ini juga tak memakan biaya karena program pemerintah.Pemerintah hanya mengeluarkkan anggaran untuk biaya sertifikan nya saja, masyarakat hanya mengeluarkan biaya tentang materai dan uang untuk patok tanah ” ujarnya.

Lanjutnya,nantinya tanah yang sudah didaftarkan akan mendapatkan nomor induk tanah, sehingga semua data soal tanah bisa dicari di sistem komputer.

Baca Juga:  Sekprov Sulut Ajak Warga Dukung Program Donor Darah

” Hal ini perlu disampaikan kepada warga dengan informasi yang benar dan lengkap karena agar tidak ada berita simpang siur yang berdampak negatif “jelasnya.

Untuk diketahui,persyaratan untuk mendapatkan sertifikat,yakni Data Fisik (Tanah dan batasnya harus jelas) dan Data Yuritis (Data pendukung lainnya).

Tim PTSL nantinya akan memeriksa kedua data tersebut, ketika data fisik dan data yuritis sudah memenuhi syarat, maka masyarakat akan diberi waktu dalam 14 (empat belas) hari untuk mengajukan keluhan atau sasaran yang belum terpenuhi. Ketika sudah lewat dari 14 (empat belas) hari, maka Tim PTSL akan memprosesnya, lalu akan terbit sertifikat hak tanah.

” Saat Tim PTSL melakukan pengukuran dilokasi, diharapkan warga ikut berpartisipasi untuk kelancaran program ini “tutup Freddy.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala BPN Kota-kotamobagu/Staf,Lurah,Dan Tokoh masyarakat,dan undangan.
( armen modeong )