“Ezra Benar Cinta Indonesia”, Jelang Laga Malaysia vs Indonesia

  • Whatsapp

 

Ezra Walian melakukan selebrasi saat membobol gawang Kamboja. (foto: instagram.com/EzraWalian)

 

Bacaan Lainnya

MANADO, Manadonews.com – Malam ini (26/08) akan menjadi malam yang bersejarah bagi Indonesia terutama dalam dunia olahraga sepakbola. Betapa tidak, Timnas U-22 Indonesia akan berhadapan dengan musuh “bubuyutan” di Asia Tenggara, yakni Malaysia dalam kompetisi multi event SEA Games 2017.

Tensi laga ini semakin tinggi karena beberapa insiden terjadi sebelum laga diantaranya insiden bendera merah putih terbalik di buku event Opening Ceremony SEA Games 2017 yang kebetulan Malaysia menjadi tuan rumah, serta mundurnya tim putri sepak takraw yang merasa dirugikan oleh kepemimpinan wasit yang menguntungkan tim dari Malaysia.

Dibalik bumbu-bumbu non teknis tersebut, ada cerita yang dramatis ketika salah satu Putra Kawanua, Ezra Walian mencetak gol pemecah kebuntuan saat laga menghadapi Kamboja di laga pamungkas Grup B yang berakhir dengan kemenangan 2-0 anak-anak Garuda setelah Febry Haryadi mencetak gol tambahan yang spektakuler dari luar kotak penalti.

Ezra Walian penyerang naturalisasi Belanda-Manado tersebut sebelumnya sempat diragukan kemampuannya setelah 3 laga sebelumnya tidak kunjung mencetak gol. Namun layaknya seorang Super Hero, Ezra Walian mencetak gol pada saat dan waktu yang tepat, ketika timnas mengalami kebuntuan membobol gawang Kamboja dimana Timnas wajib menang untuk lolos ke babak semifinal.

Baca Juga:  Kota Tomohon Dipilih Lokasi Penutupan Rakernas FK PKB PGI, Ini Tanggapan Caroll Senduk

Pelatih Timnas Indonesia berkebangsaan Spanyol, Luis Milla Aspas kemudian memasukkan Ezra di menit 54. Hanya semenit berselang, Ezra mampu memecah kebuntuan Timnas U-22 di menit 55. Sepakan Ezra dari jarak dekat tak mampu dihalau kiper Kamboja, Keo Soksela. Gol tersebut adalah hasil dari kerja keras Ezra Walian yang terlambat bergabung dengan pemusatan latihan Timnas U-22 karena harus mengikuti latihan bersama klub asal London, Inggris yang berlaga di Premier League, West Ham United. Ezra membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan gaya bermain rekan-rekannya yang baru.

Ezra Walian saat tiba di Manado beberapa waktu lalu. (Foto: Ist.)

Pengamat Sepakbola di Sulawesi Utara, Chris Ken Oroh menyampaikan bahwa dengan gol Ezra ke gawang Kamboja ini mementahkan semua komentar miring yang menyebutkan Ezra memiliki kemampuan yang tidak seperti harapan semua orang. Dengan gol tersebut pula menunjukkan kecintaannya akan “negara barunya” Indonesia. “Ezra benar cinta Indonesia. Dia terus berusaha dan akhirnya membuktikan lewat gol krusial ke gawang Kamboja.” ujar Ken.

Ditambahkan Chris, laga malam nanti menghadapi Malaysia akan sangat penting bagi karir Ezra maupun bangsa Indonesia pada umumnya. Menurutnya peluang Ezra mencetak gol sangat besar karena motivasi berlipat dari anak-anak Garuda Muda untuk “menghancurkan” tim Harimau Malaya. Namun menurut Chris dirinya mengharapkan dukungan doa dari seluruh warga Kawanua dimanapun berada untuk perjuangan Ezra dkk.

Baca Juga:  Minahasa Ketambahan 1 Terkonfirmasi, Total 9 Kasus Positif

“Akan menjadi sebuah kebanggaan bagi Sulawesi Utara bila Ezra bersama Timnas U-22 bisa mengalahkan Malaysia malam ini. Mohon dukungan doa dari semua rekan-rekan Kawanua dimanapun berada untuk laga malam ini.” tutup Chris yang juga terlibat langsung saat kedatangan Ezra Walian ke Manado beberapa waktu yang lalu.

PREDIKSI

Malaysia bakal bermain di depan dukungan 60 ribu pendukung yang siap memadati Stadion Shah Alam. Dukungan ini menjadi ‘vitamin’ tambahan bagi asuhan Datuk Ong Swim Kwee dalam laga ini. Malaysia mengawali babak penyisihan dengan poin sempurna dan tak terkalahkan dalam 4 laga. Malaysia juga memiliki waktu recovery 3 hari jelang laga semifinal. Kemampuan Malaysia tidak teruji karena hanya memiliki 4 laga di babak penyisihan.

INDONESIA MENANG

Indonesia bakal tampil tanpa Hansamu Yama Pranata, Marinus Wanewar, Muhammad Hargianto, dan Saddil Ramdani yang terkena akumulasi kartu kuning. Beruntung, Luis Milla telah membiasakan para pemain dengan pola rotasi yang membuat kesolidan tim terjaga. Sejak laga perdana di babak penyisihan grup, Indonesia selalu mengganti 4-5 pemain dalam setiap pertandingan. Indonesia juga memiliki motivasi tambahan usai insiden bendera yang dianggap mempermalukan bangsa. Indonesia juga berusaha untuk membalas kekalahan memalukan di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23, Juli 2017 silam. Masalah temperamen menjadi salah satu kelemahan para pemain Timnas U-22. Namun kemampuan para winger Indonesia seperti Osvaldo Haay, Febry Haryadi, Saddil Ramdhani maupun Yabes Roni akan dituntaskan dengan gol oleh Ezra Walian. Skor 1-2 untuk kemenangan Indonesia adalah angka yang realistis untuk membawa Indonesia menuju ke babak Final SEA Games 2017 cabang olahraga sepakbola.

Baca Juga:  Sulawesi Utara Bakal Punya Klub Sepakbola "Sulut United" di Liga 2

EZRA WALIAN CETAK GOL

Ezra Walian berpeluang besar untuk mencetak gol karena Ezra kemungkinan besar akan menggantikan penyerang asal Papua, Marinus Wanewar yang menerima kartu kuning saat terlibat konfrontasi dengan pemain-pemain Kamboja. Selain itu pengalaman Ezra menjadi Top Skor kompetisi Junior di Belanda akan semakin kematangannya untuk memporak-porandakan barisan pertahanan Malaysia dan menjebol gawang tim “tetangga berisik” tersebut.

Fakta Pertandingan

  • Malaysia sendiri masih unggul secara statistik saat berjumpa Indonesia di level U-22.
  • Malaysia sudah 3 kali unggul dan hanya sekali kalah dari Indonesia.
  • Harimau Malaya sudah 6 kali membobol gawang Indonesia dan hanya 2 kali kebobolan.
  • Malaysia sendiri menyapu bersih 5 laga terakhirnya dengan kemenangan, 4 di antaranya terjadi di SEA Games 2017.
  • Sementara Indonesia hanya meraih 3 kemenangan dan 2 hasil imbang dari 5 laga terakhirnya.
  • Indonesia sendiri memiliki waktu persiapan yang lebih padat dibanding Malaysia.
  • Selain jadwal pertandingan yang lebih banyak, Indonesia juga hanya memiliki waktu sehari untuk recovery.

 

Jadwal Siaran Langsung:

Malaysia vs Indonesia

Sabtu, 26 Agustus 2017

Pukul 20.45 WITA

LIVE SCTV & TVRI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *