Cegah Seks Bebas, Duta GenRe Sosialisasi di SMA

  • Whatsapp
foto bersama/foto: manadonews/ET
foto bersama/foto: manadonews/ET

TONDANO, MANADONEWS – Remaja Sulawesi Utara saat ini dinilai cukup rentan dengan berbagai masalah kesehatan reproduksi. Termasuk di antaranya adalah seks bebas dan penyalahgunaan narkoba.

Berkaitan dengan permasalahan itulah Duta Generasi Terencana (GenRe) Sulut adakan sosialisasi di beberapa SMA di antaranya SMK 3 Tondano dan SMAN 2 Tondano.

“Kami turun sosialisasi ke beberapa SMA, untuk mencegah seks bebas dan penyalahgunaan narkoba,” kata Duta GenRe Sulut Fernando Pardede.

Menurut Pardede, yang merupakan anak muda asal Kabupaten Kepulauan Talaud ini, masalah remaja yang sering timbul, biasanya berkaitan dengan masalah seksualitas, misalnya hamil di luar nikah, aborsi, AIDS, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya. Remaja dalam kondisi ini, katanya, membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya, baik mengenai kesehatan reproduksi, maupun mengenai pentingnya menata masa depan dengan baik.

“Caranya ya lewat meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri,” kata Putra bungsu Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip ini.

Termasuk di antaranya adalah dengan menjauhkan kehidupan remaja dari perilaku seks bebas, pernikahan dini, ketergantungan pada obat-obatan terlarang, ataupun menjauhkan diri dari bahaya AIDS.

Sebagai Duta Genre Sulut asal Talaud, Pardede dan kawan-kawannya diharapkan bisa membantu BKKBN untuk meminimalisir remaja di Sulut, untuk menghindari seks bebas dan narkoba.

Baca Juga:  Wawali Bitung Gaungkan Festival Pesona Selat Lembeh di Houston Texas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *