Persiapan Pendaftaran Parpol.KPU Kotamobagu Gelar Bimtek Sipol

 

 

KOTAMOBAGU,MANADONEWS,-.Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menggelar Bimtek dan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) kepada belasan Partai Politik (Parpol), senin (2/10) diruangan KPU Kotamobagu. Tujuan dilakukan kegiatan Bimtek ini untuk persiapan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu mendatang.
Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi Divisi Teknis Aditya Tegela menjelaskan, bahwa dalam materi kebijakkan KPU terkait verifikasi Parpol ini, penggunaan aplikasi Sipol merupakan suatu kewajiban bagi Parpol calon peserta pemilu tahun 2019.

” Konsekuensinya bagi Parpol yang tidak menggunakan Sipol, maka tidak akan diterima pendaftarannya “katanya.

Dijelaskan, Sipol merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses untuk melakukan input data parpol seperti kepengurusan, domisili dan keanggotaan guna persiapan pendaftaran parpol itu sendiri sebagai calon peserta Pemilu tahun 2019 nanti.

” Untuk itu KPU menfasilitasinya dengan memberikan username dan password setiap parpol untuk dapat sepenuhnya mengakses aplikasi yang mulai diterapkan untuk Pemilu 2019 “terangnya.

 

 

 

Dari aplikasi yang membutuhkan koneksi internet ini, parpol dapat mengelola data secara internal bersama-sama dengan kepengurusan di tingkat Kabupaten/Kota, sehingga dapat melakukan pengecekan, perbaikan data dan dapat dioperasikan sistem ini kapan dan dimana saja selama tersedia sarana internet.

Baca Juga:  Desa Pineleng 1 Timur Sukses Gelar Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-74

Selain itu, yang tidak kalah penting manfaat lain dari Sipol ini adalah adanya transparansi dan akuntabilitas tahapan verifikasi parpol. Kendati masih menggunakan portal ujicoba Sipol, parpol diharapkan agar lebih memahami penggunaan Sipol.

” Untuk itu kami akan mempraktekkan sekaligus membimbing operator parpol agar mereka memahami dahulu menu-menu sipol dan tata cara input data. Apabila menemui kesulitan, dapat berkonsultasi melalui Sipol di Sekretariat KPU Kota-kotamobagu “pungkas Tegela.

Kegiatan ini dihadiri dua orang utusan masing-masing parpol yang terdiri atas satu pengurus dan satu orang operator yang bertugas mengoperasikan Sipol. Adapun parpol yang hadir antara lain Golkar, Demokrat, PKB, PKS, PPP, PAN, Nasdem serta beberapa parpol baru lainnya.
( armen modeong )