Ketua FKDM Manado Meninggal Saat Tugas di Bunaken, Lumentut Bergegas ke RS Kandou

Walikota Vicky Lumentut saat tiba di RS Kandouw/

MANADO, MANADONEWS – Walikota Manado Vicky Lumentut langsung bergegas ke Rumah Sakit Prof Kandou saat mendengar kabar meninggalnya Letkol (Purn) Habel Runtuwene.

Almarhum yang menjabat Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado itu meninggal saat melaksanakan sosialisasi kewaspadaan masyarakat di Pulau Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Selasa (03/10) siang.

Lumentut mengaku sangat terkejut mendengar kabar tersebut, sehingga dari kegiatan Sidang Majelis Sinode Tahunan (SMST) ke-30 di Wilayah Tanawangko Satu, Minahasa, beliau langsung menuju ke RS.

Di mata orang nomor satu Kota Manado itu, sosok almarhum adalah pribadi yang suka bekerja keras, apalagi dengan tugasnya sebagai Ketua FKDM Kota Manado yang banyak melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Manado agar waspada terhadap aksi-aksi terror yang mengancam stabilitas di ibukota Provinsi itu.

“Saya merasa sangat kehilangan sosok yang menjadi penutan bagi pemerintah, masyarakat dan keluarga. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado, saya menyampaikan turut berdukacita yang sedalamnya atas meninggalnya almarhum Bapak Habel Runtuwene,” tukas Walikota GSVL tampak sedih.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, Om Habel, sapaan akrab ayah tercinta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Manado Xaverius Runtuwene SH, bertolak dari Dermaga Grand Luley menuju Pulau Bunaken didampingi beberapa anggota FKDM dan Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan, dengan menggunakan speedboat. Namun, saat kegiatan sosialisasi dilaksanakan, mendadak om Habel pingsan.

Dalam keadaan koma, sempat dilarikan ke Rumah Sakit Siti Maryam Tuminting untuk mendapatkan penanganan medis namun tidak tertolong. Akhirnya, jenazah mantan anggota DPRD Minahasa itu dirujuk ke RSUP Prof Kandou.

Baca Juga:  Tahun 2021 IPS di Wori Akan Beroperasi, Ini Penjelasan Gubernur Sulut Olly Dondokambey