Desa Sia’ Kembangkan Komoditas Kopi

  • Whatsapp

Kepala Desa Sia’, Herto Balansa

 

 

KOTAMOBAGU,MANADONEWS,-.Potensi lahan yang cukup luas, menjadi modal utama bagi Desa Sia’ Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu untuk mengembangkan beragam komoditas tanaman perkebunan, yang diantaranya, tanaman Kopi.

Menurut Kepala Desa Sia’ Herto Balansa, alasan dipilihnya tanaman kopi untuk dijadikan sebagai tanaman unggulan, disebabkan adanya iklim dan wilayah desa yang berada di pegunungan.

“Karena desa kami berada di dataran tinggi dan iklimnya mendukung, maka tanaman kopi ini yang kami pilih sebagai tanaman unggulan. Peluang ini juga, kemudian yang dilihat Wali Kota, sebagai potensi pengembangan pariwisata, termasuk juga kondisi alamnya” kata Herto, Kamis (25/1).

Herto mengungkapkan, saat ini sudah ada beberapa lahan perkebunan masyarakat yang ditanami Kopi. Akan tetapi, untuk memenuhi target capaian sebagai mana rencana sebagai penghasil Kopi di Kotamobagu, terdapat sekira 100 ha (hektar) lahan telah disiapkan.

“Sekarang ini sudah ada sebagian masyarakat yang menanam kopi dan sudah sering panen itu sekira 3 sampai 4 hektar. Nah, untuk pengembangannya, kami telah menyiapkan kurang lebih 100 hektar lahan di puncak Sia,” ujarnya.

Baca Juga:  Walikota Tatong Bara Menghadiri Rakernas dan Lounching Gerakan Indonesia Bersih

Demi menunjang rencana tersebut, pada Tahun 2018 ini, pihak pemerintah telah mengusulkan pengadaan mesin penggilingan kopi.

“Sudah diusulkan juga oleh masyarakat melalui Musrenbang untuk mesin gilingan kopi. Karena sekarang proses penggilingannya masih dilakukan di desa tetangga,” ucapnya.

Selain itu, pemasaran Kopi ini terang Herto, ia akan membangun kerjasama dengan beberapa pihak.

“Kebetulan juga Desa Bilalang ada produk unggulan kopi. Nah, rencananya saya akan membangun kerjasama dengan Pak Sangadi Bilalang dan ini nanti akan dikelola BUMDes. Kemudian juga akan bekerjasama dengan beberapa toko yang ada di Kotamobagu maupun di luar daerah,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, produk Kopi Kotamobagu telah dikenal hampir diseluruh wilayah Indonesia. Kopi Kotamobagu memiliki khas dan cita rasa sendiri bagi para penikmat kopi.

(MLS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *