KPU Minahasa Dalami Rekomendasi Panwas terkait PPDP Desa Tember

TONDANO, MANADONEWS – Menindaklanjuti temuan Panitia Pengawasan (Panwas) Kabupaten Minahasa terkait oknum yang melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di Desa Tember Kecamatan Tompaso namun bukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), KPU Minahasa menegaskan KPU tidak pernah instruksikan kepada PPDP di desa Tember lakuakan perbuatan di luar aturan yang diberikan.

“Namun jika terbukti, KPU sendiri akan memberikan sangsi kepada petugas PPDP tersebut,” tegas Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon.

Namun demikian, kata Tinangon, puhaknya tidak langsung mengambil kesimpulan, karena harus diverifikasi kebenarannya.

“Saat ini KPU Minahasa masih menunggu rekom Panwas, jika sudah diterima akan dipelajari dan ditindaklanjuti,” jelas Tinangon .

Sebelumnya, Panwas Minahasa menemukan adanya oknum yang bukan PPDP melaksanakan Coklit di Desa Tember

“Ini dibuktikan dengan adanya temuan Panwas Pemilihan Kabupaten Minahasa, lewat Panwas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Tompaso menemukan adanya oknum yang bukan PPDP melakukan Coklit di desa Tember kecamatan Tompaso,” ungkap Ketua Panwas Minahasa Donny Rumagit.

“Untuk itu maka Pihak Panwas telah merekomendasikan, pemberhentian dan penggantian PPDP desa Tember atas nama Andre Tulangow karena telah melanggar asas kemandirian dan profesionalitas dalam menjalankan tugasnya dalam membantu KPU Minahasa melakukan Coklit.

Baca Juga:  Diduga Belang-Ratatotok Lahan Subur Bandar Togel Amurang

YUAN