Example floating
Example floating
Kotamobagu

Pemkot Kotamobagu Cari Solusi Terkait Hasil Kemiri

×

Pemkot Kotamobagu Cari Solusi Terkait Hasil Kemiri

Sebarkan artikel ini

Herman Aray

KOTAMOBAGU,MANADONEWS,-.Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu sedang berupaya mencari terobosan, untuk menjawab keresahan petani di Bilalang II dalam memasarkan kemiri.

MANTOS MANTOS

“Kami akan mencari pedagang/pembeli besar, untuk bisa langsung membeli kemiri petani dalam skala besar,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdagkop dan UKM) Herman Aray, Jumat (09/03/2018).

Dirinya mengatakan, akan berkoordinasi dengan instansi terkait, guna kejelasan kepemilikan produksi kemiri.

“Ya nanti saya akan koordinasikan dengan Perindustrian, agar bagaimana caranya, supaya kemiri ini, bisa dikemas dengan menggunakan label Kotamobagu, tidak lagi menggunakan label daerah atau provinsi lain,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, petani kemiri di Desa Bilalang II, S.O Mokoginta, mengeluhkan kurangnya teknologi dan lemahnya pemasan kemiri.

“Belum ada alat, yang mengelolah agar kemiri tidak hanya dikategorikan bumbu pelengkap makanan. Juga, belum ada inovasi, sehingga dalam pemasarannya, kemiri yang hanya dijual perkilo di pasar, dikemas lagi di daerah tetangga, sebagai produksi milik mereka. Padahal, itu asli kemiri Kotamobagu,” tutupnya.
( MLS/tr )

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *