Disdukcapil Bolmong Bakal Gelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan

Kepala Disdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait kependudukan, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam waktu dekat ini, akan mengadakan sosialisasi kebijakan kependudukan.

Dikatakan Kepala Disdukcapil Bolmong Iswan Gonibala pada Senin (19/3) siang diruang kerjanya, bahwa dalam sosialisasi tersebut yang menjadi pemateri dari Disdukcapil Provinsi, Imigrasi, dan Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker).

“Untuk keberadaan Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia khususnya Bolmong, pematerinya dari pihak Imigrasi. Sedangkan payung-payung hukum Discapil di pemerintahan materinya dari provinsi,” katanya.

Lanjutnya, tujuan diadakan sosialisasi tersebut katanya, agar para sangadi dan camat pun mengerti dalam pengurusan dokumen-dokumen WNA.

“Pelaksanaan kegiatan tinggal disesuaikan dengan waktu Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow. Status kependudukan WNA di Bolmong merupakan salah satu latar belakang pelaksanaan kegiatan tersebut,” ucapnya.

Nantinya pelaksanaan kegiatan hanya dibuat satu hari. Serta dalam sosialisasi tersebut akan ada sesi tanya jawab.

“Kami sengaja hadirkan imigrasi, agar satu persepsi terkait status WNA. Misalkan fungsi capil apa, imigrasi, maupun pemerintah desa. Sehingga bisa bekerja sesuai tupoksi,”beber Gonibala.

Baca Juga:  Juni Ini Nama-Nama Yang Kuasai Aset, Bakal Dimumkan Pemkab Bolmong

Selain itu, Gonibala menjelaskan ada beberapa slogan program dari pihaknya, yang sebelumnya slogan capil BISA (Berkarya, Inovatif, Sabar, Semangat, Adaptif, dan Amanah.

“Ada juga program membahagiakan rakyat, yang lebih intinya mendekatkan secara psikologis. Serta slogan pelayanan discapil pusat. Yakni, Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (Gisa),”tutupnya.
( stvn )

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
529 votes

This will close in 10 seconds