Situasi Apron dan Runway Bandara Sam Ratulangi sudah kembali normal. (foto: AP)
MANADO, Manadonews.co.id – Manajemen Bandara Sam Ratulangi Manado menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang akibat penundaan jadwal penerbangan yang disebabkan gangguan fasilitas listrik di area landasan pacu Bandara Sam Ratulangi Manado pada Kamis (22/3).
Gangguan fasilitas listrik di area runway Bandara Sam Ratulangi Manado menyebabkan sebagian lampu landasan pacu padam selama kurang lebih 5 jam dari pukul 18.40 WITA. Langkah-langkah yang telah dilakukan saat ini diantaranya pemasangan menggunakan connect cable, sehingga bandara dapat kembali beroperasi pada pukul 23.31 WITA. Untuk selanjutnya, akan dilakukan identifikasi penyebab kerusakan dan perbaikan secara menyeluruh.
Adapun penerbangan yang ditunda jadwal penerbangannya atas kerusakan tersebut yaitu Wings Air IW1536 MDC-AMQ, Garuda GA627 MDC-CGK, Lion JT2751 MDC-PVG (Shanghai), Batik Air ID6275 MDC-CGK, dengan total 480 penumpang. Selain itu, terdapat 2 penerbangan kembali ke bandara asal (return to base) yaitu Wings Air IW1537 AMQ-MDC dan Nam Air IN699 TTE-MDC. Serta ada pula penerbangan yang dialihkan ke bandara lain diantaranya Citilink QG307 SUB-MDC, Wings Air IW1188 PLW-MDC, Batik Air ID6272 CGK-MDC.
Menangani hal tersebut, Manajemen Bandara Sam Ratulangi bergerak cepat untuk menyediakan pelayanan bagi calon penumpang yang terdampak delay berupa makan malam dan minuman. Selama kurang lebih 5 jam, para mitra usaha di area ruang tunggu keberangkatan diinstruksikan untuk tetap buka agar dapat melayani calon penumpang. Sedangkan bagi penumpang Wings Air IW 1536 tujuan Ambon diputuskan untuk ditunda penerbangannya hingga Jumat (23/3) pukul 08.00 WITA dan para calon penumpangnya telah disediakan penginapan.
“Saya selaku General Manager Bandara Sam Ratulangi memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyaman para penumpang pada malam hari ini yang diakibatkan peralatan listrik kami mengalami gangguan. Dengan segala upaya dan doa dari semua pihak, kami dapat menyelesaikan perbaikan sesuai dengan jadwal. Sekali lagi kami atas nama manajemen memohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ujar Minggus E.T Gandeguai selaku General Manager Bandara Sam Ratulangi yang disampaikan melalui sistem siaran informasi di bandara.
Saat ini seluruh penerbangan tertunda maupun yang dialihkan sedang dalam proses pengaturan jadwal kembali.












