peresmian Mall Pelayanan Publik Terus dimatangkan

Walikota saat meninjau pe3rsiapan peresmian MPP.

Tomohon manadonews.co.id

Kantor Pelayanan Publik Kota Tomohon dipastikan akan resmi menjadi Mall Pelayanan Publik ‘Wale Kabasaran’ oleh MenPANRB Dr H Asman Abnur SE MSi, Sabtu (21/4) mendatang.

Kepastian ini terungkap saat Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE AK melakukan peninjauan langsung kesiapan gedung dan dekorasi acara launching di fasilitas publik yang berada satu kawasan dengan Kantor Wali Kota Tomohon, Kamis (19/4).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRIB) Asman Abnur tertarik meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Tomohon karena tertatat baru ke-6 di tanah air, atau pertama di Indonesia Timur.

Hebatnya lagi, selain MenPANRB Asman Abnur, saat bersamaan Wali Kota Eman juga mendatangkan Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) RI Yasonna H Laoly SH MSc PhD.

Kehadiran Menkum HAM Laoly, selain menghadiri peresmian MPP sekaligus akan meninjau langsung  fasilitas Kantor Imigrasi yang merupakan bagian dari MPP Kota Tomohon.

Seperti diketahui, Kota Tomohon telah direstui Kemenkum HAM untum membuka Kantor Pelayanan Imigrasi. Kantor yang melayani pengurusan passport di Kota Tomohon adalah pertama di Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara (Sulut) selain di Manado ssbagai Ibu Kota Provinsi Sulut.

Baca Juga:  515 Warga Mitra Terima Sertifikat Tanah Dari Gubernur Olly

Kehadiran MPP di Kota Tomohon merupakan terobosan  jitu dari Wali Kota Jimmy Feldie Eman SE Ak dan Wawali Syerly Adelyn Sompotan, sebagai wujud dari atau realisasi program Doedicated EMAS Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Program Dedicated EMAS sendiri bertujuan untuk merubah wajah Kota Tomohon, yang didalamnya menyulap Kantor Wali Kota menjadi Mall Pelayanan Publik yang bertujuan untuk efektivitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

MPP Kota Tomohon memiliki kantor pelayanan Keimigrasian, Kepolisian, Pajak, Perbankan, Pelayanan Samsat, Perusahaan Air Minum, Badan Keuangan Daerah, PT.POS, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Pertanahan, Cafe/Kantin, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, DisDukCapil, DisKominfo, Comand Center, Ruang Bermain Anak, Ruang Menyusui, Ruang baca dan anjungan tunai mandiri (ATM).

Untuk memudahkan akses menuju ke MPP ini, Pemkot Tomohon telah menyediakan bus gratis. Direncanakan nantinya masih akan dilengkapi fasilitas taman dan penunjang lainnya.

Wali Kota Eman menjelaskan, MPP Kota Tomohon ini merupakan sesuatu yang berbeda sebagai wujud Kota Tomohon yang semakin maju.

Baca Juga:  Talaud Gelar Acara Adat Manduru'u Tonna Tahun 2020

“Inovasi baru dalam pelayanan satu atap ini merupakan solusi yang memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai administrasi, didalamnya perijinan dan non perijinan. Jadi masyarakat Kota Tomohon tentu tidak lagi sulit untuk pengurusan administrasi karena tempat pengurusan sudah satu atap,” ujar Eman.

“Saya juga mengapresiasi kepada jajaran Pemkot bersama seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon yang senantiasa mendukung akan program ini, terwujudnya akan kantor ini tentu juga atas dukungan dan topangan dari masyarakat Kota Tomohon umumnya,” sambungnya. (robby lumi)