42 Siswa SD Ikut Latihan Dokter Kecil

Jalannya pelatihan. (foto/mn)

BOLMONG,MANADONEWS, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Pelatihan Dokter Kecil, Rabu (25/4) di Gedung Farmasi yang ada di Lolak.

Dikatakan Kepala Dinkes Bolmong, dr Sahara Albugis melalui Sutami Potabuga, SST selaku Panitia Pelaksana Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK), bahwa Dokter Kecil merupakan siswa yang masih duduk di kelas 4, 5 dan 6 Sekolah Dasar (SD).

“Mereka dilatih untuk melakukan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri dan juga lingkungan yang ada disekitar,” tuturnya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk peningkatan partisipasi siswa di sektor kesehatan.

“Nantinya mereka bisa menjadi penggerak hidup sehat, baik dilingkungan sekolah dan di rumah masing-masing,” tambahnya.

Tim Dinkes Bolmong saat mengarahkan peserta pelatihan Dokter Kecil. (foto/mn)

 

Dalam pelatihan kali ini ada juga sesi tanya jawab, sekaligus dilaksanakan tes pertanyaan.

“Ada hadiah untuk peringkat 1, 2 dan 3. Semoga pengetahuan yang diberikan akan dipahami dan mengerti, serta bisa dipraktekkan. Kami pun berupaya akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya,” tutupnya.

Baca Juga:  Ini Pesan Dirut RSUP Kandou di Apel Perdana

Sementara itu, salah satu peserta, yakni Nurul Fitra Paputungan, siswa kelas 4 SDN 1 Mongkoinit sangat senang dengan pelaksanaan pelatihan Dokter Kecil. Dirinya pun berharap agar kegiatan seperti ini terus dilakukan.

“Saya sangat senang. Selain menambah wawasan, kami diberikan pemahaman tentang pentingnya kesehatan, baik diri sendiri maupun orang lain,” singkatnya.

Diketahui, pelatihan Dokter Kecil dari Dinkes Bolmong digelar selama dua hari. Yakni dari tanggal 24-25 April 2018, serta melibatkan pemateri dari Dinkes Provinsi Sulut.
( stvn )