Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaBudayaDesaPariwisataPemerintahan

Pengelaran Seni dan Budaya Desa Sawangan, Kadis Luntungan: Lestsrikan Waruga dan Arung Jeram

×

Pengelaran Seni dan Budaya Desa Sawangan, Kadis Luntungan: Lestsrikan Waruga dan Arung Jeram

Sebarkan artikel ini

AIRMADIDI, MANADONEWS – Untuk melestarikan budaya Minahasa yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) agar semua masyarakat tidak meninggalkan budaya Minahasa. Dinas Pariwisata Minahasa Utara (Minut) adakan pengelaran seni dan budaya di Wanua Sawangan Kecamatan Airmadidi, Selasa (1/5).

Kegiatan Seni dan Budaya ini diisi Katreli SD Inpres Sawangan, Katreli SDN Sawangan. kolintang dari Sangar Legacy Sawangan, Kabasaran dari Wanua Sawangan dan Kawasaran Wanua Tanggari.

MANTOS MANTOS

Mewakil Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan yang diwakili Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Minut Theodora Luntungan mengatakan, kami dari pemerintah memberikan apreasi kepada Desa Sawangan yang sudah lakukan seni Budaya ini.

“Misi kami pemerintah Minut pariwisata. Terutama sosialisasi dan pemeliharaan situs-situs budaya serta event-event budaya yang ada di Minut, “kata Kadis Pariwisata Luntungan yang di dampingi Panglima Besar (Pangbes) Waraney Tanah Toar Lumimuut Audy Jiimmy Malonda.

Luntungan juga berharap, Desa Sawangan sebagai Desa wisata yang banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara, karena menjadi potensi pariwisata dan budayanya. Maka, marilah kita menjaga keamanan waruga, seni dan budaya serta wisata alan arung jeram yang menjadi unggulan kabupaten Minut.

“Kami akan mempromosikan di setiap travel seni budaya Desa Sawangan ini, karena seni budaya ini diadakan setiap bulan, “ujar Luntungan

Hukum Tua Desa Sawangan Stendry Wangke SH mengatakan, Kegiatan ini sudah dua kali di adakan, dan juga kegiatan ini sudah di kalenderkan di desa Sawangan. Dan juga banyak wisatawan asing yang sudah datang ditempat ini.

“Seluruh Desa Sawangan menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah maupun Dinas Pariwisata dan masyarakata Desa Sawangan,” ujar Wangke

 

 

Sementara itu, ketua panitia pengelaran Seni dan budaya Welly Mantiri menjelaskan, kegiatan untuk pelestarian budaya adat Minahasa yang lebih khusus wanua Sawangan.

“Program dari pemerintah Desa akan adakan setiap bulan. Untuk menarik wisatan lokal maupun Internasional untuk datang di Wanua Sawangan, “ungkap Mantiri. (aso)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *