Dinkes Tomohon gelar kegiatan sadar Gizi

Kadis kesehatan

Tomohon manadonews.co.id

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tomohon mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk pencapaian keluarga sadar gizi bertempat di Aula Naga Mas, Rabu (6/6).

Kadis Kesehatan Tomohon dr.Deyse Liuw ketika membuka kegiatan ini mengatakan, salah satu sasaran strategis Kemenkes RI Tahun 2015-2018 adalah meningkatnya akses, kemandirian dan mutu ketersediaan farmasi dan alat kesehatan.

Salah satu sasaran yang akan dicapai pada Tahun 2019, lanjutnya, adalah 95% Puskesmas memiliki ketersediaan obat dan vaksin esensial.

Sebelumnya, Kabid SDK dan Farmalkes Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs.Jhonny S Maali, Apt didampinggi Kasie Farmasi Gerald Rundengan S.Is.MPH, Apt di sela kegiatan mengingatkan bahwa Perencanaan Pengelolaan managemen logistik disetiap puskesmas harus melihat kasus penyakit diwilayah masing-masing Puskesmas.

“Perencanaan Pengelolaan managemen logistik di Puskesmas harus disesuaikan dengan kasus penyakit menonjol di wilayah kerja masing-masing Puskesmas. Hal ini dimaksudkan agar permintaan logistik obat dapat sesuai dengan kebutuhan,” ujar Maali.

Di tempat yang sama, penanggung jawab instalasi farmasi Dinkes Tomohon Junitha Laurensi Kereh S.Is,Apt menjelaskan bahwa permintaan logistik obat-obatan dihampir seluruh Puskesmas yang ada di Kota Tomohon yakni untuk Pasien Hipertensi dan Kolesterol.

Baca Juga:  Pengucapan Minahasa Pj Bupati Ingatkan tentang Miras

Hadir dalam kegiatan ini,para tenaga farmasi pengelolah obat puskesmas,pengurus barang pembantu dipuskesmas dan tenaga farmasi serta pengelola obat program Dinkes Kota Tomohon. (robby lumi)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *