Dukung Sektor Pendidikan, Pemdes Batu Merah Bangun Paud

oleh

Proses peletakan batu pertama yang melibatkan semua pihak. (foto/mn)

BOLMONG,MANADONEWS,-.Adanya anggaran untuk sektor pendidikan di bantuan Dana Desa (Dandes), nampaknya dioptimalkan oleh pemerintah desa Batu Merah Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Dimana, bantuan dari pemerintah pusat ini ada yang dialokasikan pihak desa untuk membuat gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Dikatakan Sangadi (Kepala Desa) Batu Merah, Yokber Sasundu, bahwa pembangunan gedung Paud ini merupakan prioritas di sektor pendidikan yang ada di desa.

“Pembangunan gedung ini murni aspirasi dari warga, yang menginginkan adanya lembaga Paud. Inipun sudah lewat proses musyawarah dari seluruh warga dan pemerintah desa,” ujar Sasundu, Selasa (12/6).

Menurutnya, masalah pendidikan sudah menjadi kewajiban dari segala tingkatan pemerintahan. Baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten dan kota.

“Sebagai pemerintah desa pula, kami memiliki tanggung jawab yang sama dalam hal meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan masyarakat,” tambahnya.

Lanjutnya, tanah yang akan dibangun gedung Paud sudah ada dan itu adalah hasil dari swadaya masyarakat setempat, yang peletakan batu pertamanya pada tanggal 6 Juni 2018 lalu. Sedangkan saat ini sementara dalam proses pembangunan fondasi.

“Untuk anggarannya sebesar Rp 240.881.000 dan sudah ditata dalam Dandes tahun 2018 ini. Dalam anggaran tersebut pula termasuk dengan Alat Peraga (AP) dalam dan luar, serta Buku Kurikulum,” jelasnya.

Sasundu menyampaikan, rencananya pembangunan gedung Paud selesai tahun ini, karena sudah dibuka pendaftaran bagi para murid.

“Untuk sementara proses belajar mengajar akan menggunakan balai desa,” tutupnya.

Sementara itu, Serly Sawotong salah satu warga mengapresiasi terobosan pemerintah desa ini.

“Kami sangat bersyukur apa yang dilakukan pihak pemerintah desa. Sebab, sudah sejak lama kami mengidam-idamkan adanya Paud,” singkatnya.
( stvn )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *