Rarung: Pers Wajib Kawal Pilkada dengan Sajian Informatif dan Edukatif

MANADO, MANADONEWS – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di enam (6) Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara yang akan memasuki puncaknya pada Rabu (27/6) besok, diharapkan dapat menghasilkan pesta demokrasi langsung yang betul – betul berkualitas dan menggambarkan demokrasi Pancasila yang sesungguhnya.

Harapan itu disampaikan Ketua DPW Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulut Victor Rarung.

Kehadiran insan pers di tengah berlangsungnya pesta demokrasi langsung itu, kata Rarung, turut mempengaruhi dari segi kualitas.

“Karena pers dengan ciri khasnya berperan aktif dalam setiap pergerakan Pilkada melalui sajian – sajian informatif yang up to date.

Namun sajian informatif kepada publik, imbuhnya, tidak cukup memperkuat kualitas Pilkada.

“Butuh kesediaan para insan pers untuk menampilkan informasi yang edukatif, yakni informasi yang memiliki dasar yang kuat sehingga tidak melenceng dan disebut hoax. Sebaliknya, Pers juga menjadi penangkal isu – isu hoax agar masyarakat dapat menyerap informasi yang benar,” urainya.

Ia mengajak rekan – rekan jurnalis yang bertugas di enam daerah yang akan melaksanakan pemungutan suara pada besok hari untuk terus mendedikasikan diri sebagai subyek informatif publik yang konformatif.

Baca Juga:  Vicky Lumentut Puji Blusukan Jokowi Memang Hebat

“Mari kita sukseskan Pilkada serentak dengan menyajikan informasi edukatif kepada masyarakat,” pungkasnya.

Yunita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *