Mengkopolhukam Buka Rakornas Camat Regional I Tahun 2018

Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan piagam kepada Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan.(foto/aso)

Airmadidi, ManadoNews – Lima ratus Camat Se-Sulawesi, Maluku dan Papua mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Camat Regional Satu Tahun 2018 telah dibuka Menkopolhukam Jend TNI (Purn) Wiranto didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kamis (30/8) di hotel Sutan Raja Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Rapat ini disponsori Kementerian Dalam Negeri Dirjen Bina Administrasi wilayah, dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Gubernur Drs Steven O Kandouw, Irwasum Polri Komjen Pol Putut Bayu Seno, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Wakapolda Sulut Brigjen Johni Sadoma, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Eko Subowo, Deputi V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam Irjen Pol Carlo Brix Tewu, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, Wali Kota Manado DR Vicky Lumentut, Wakil Bupati Minut Ir Joppi Lengkong, Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK, Sekda Minut Ir. Jemmy H Kuhu MA, SKPD dan para Camat.

Dalam acara pembukaan tersebut  Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, camat merupakan salah satu  pranata pemerintahan  perlu bekerja profesional dengan pengembangan kemampuan intelektual, loyal dan mengikuti sesuai pranata hukum. Para camat harus loyal dengan pimpinan dan aturan harus tahu dengan layalitas tunggal kepada kepala pemerintahan.

Baca Juga:  Wagub Kandouw Ajak Kabupaten/Kota Dorong Pertumbuhan Ekonomi

“Para camat harus paham akan situasi di wilayahnya dan harus bekerja optimal dalam pelayanan publik yang maksimal,” kata Kumolo.

Sementara itu, Menkopolhukam Wiranto mengatakan, para camat merupakan posisi yang strategis dan sebagi ujung tombak pemerintahan di wilayah kecamatan. Camat harus bisa menyosialisasikan keberhasilan  pemerintahan kepada masyarakat secara baik dan benar. Berbagai ancaman disintegrasi bangsa sat ini mulai dimunculkan, sehingga kita harus berani untuk mencegahnya. Dilanjutkannya, berbagai ancaman yang dihadapi saat ini diantaranya, terorisme, radikalisme, narkoba, hoax, paham intoleran yang mengancam keutuhan NKRI.

“Camat harus tahu kondisi negara dan camat harus bisa meredam segala persoalan di wilayahnya,”ujar Wiranto.

Ditambahkannya lagi, paling penting juga adalah koordinasi dengan jajarannya untuk sama-sama bekerja menjaga keamanan wilayah. “Musuh saat ini muncul dari dalam negara sendiri. Kita hrus bersatu dan berani tangkal bersma,” ujar Wiranto.

Terpisah Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan bersyukur dan berterima kasih kepada Mendagri, Mengkopolhukam dan gubernur Sulut, karena telah mempercayakan Minut sebagai tuan rumah pelaksanaan rakornas camat regional I tahun 2018.

Baca Juga:  Pengprov ISSI Sulut Sukses Gelar Kejuaran Akbar Akhir Tahun 2020

“Saya sangat berterima kasih kepada Mendagri, Mengkopohulkam dan Gubernur Sulut yang sudah mempercayakan kabupaten Minut sebagai tuan rumah, “ucap Bupati VAP.

Bupati berharap bahwa melalui rakornas camat ini, camat akan memiliki pemahamanyang baik terhadap peran strategis camat dalam melaksanakan tugas.

Sebelum membuka, Menkopohukam Wiranto dan Mendagri Tjahjo Kumolo memasang tanda peserta kepada 2 orang camat, kemudian memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dan Wali Kota Manado DR Vicky Lumentut. (aso)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5821 votes

This will close in 10 seconds