Festival Bukit Kasih Lahirkan Senam Minahasa

Pj Bupati Royke Mewoh membawakan sambutan sebelum membuka secara resmi Festival Bukit Kasih/Foto:nita

KAWANGKOAN, MANADONEWS – Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA membuka secara resmi pelaksanaan Festival Bukit Kasih 2018, Jumat (14/9) pagi bertempat di objek wisata Bukit Kasih Kanonang, Kecamatan Kawangkoan Barat.

Dihadiri oleh Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Kapolres Minahasa AKBP Christ R Pusung SIK, Ketua PN Tondano Julien Mamahit, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Ivonne Andries SIP, Anggota DPRD Chyntia Friska Keintjem, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel, Kabid Destinasi Dinas Pariwisat Sulut Drs John Paerunan, Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Sulut Grace Mandagi SS, Kacab Bank SulutGo Tondano Erwin Kuhon, Asisten I Dr Denny Mangala MSi, Camat Kawangkoan Barat Eigthmi Moniung dan sejumlah pejabat Pemkab serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Pj Bupati Minahasa Royke H Mewoh memberikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang telah menggelar kegiatan ini.

Baca Juga:  RD: Selamat Datang Tim Penilai Provinsi di Desa Kopiwangker

“Sebagaimana mana kita ketahui bahwa salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di bidang pariwisata, maka Bapak Gubernur telah membuka penerbangan langsung dari Cina ke Manado dan ini mempunyai dampak yang sangat besar terhadap perkembangan kepariwisataan Sulawesi Utara yang di dalamnya ada Minahasa,” kata Mewoh.

Ia berharap agar Festival Bukit Kasih ini akan memberikan dampak yang positif dalam rangka perkembangan kepariwisataan di Minahasa.

Mewoh juga mengharapkan melalui kegiatan ini akan tercipta suatu senam kreasi khas minahasa yang selanjutnya akan menjadi icon Minahasa, sehingga saat memperagakan senam ini semua orang yang ada di Jakarta dan tempat lainnya akan teringat tempat-tempat indah di Minahasa seperti Danau Tondano, Benteng Moraya, Bukit Kasih dan tempat lainnya.

Sementara Kadis Budpar Agustivo Tumundo dalam laporannya bahwa Festival Bukit Kasih 2018 sudah menjadi agenda tetap Pemkab Minahasa dalam rangka menunjang program Pariwisata dan melestarikan Seni dan Budaya daerah Minahasa.

Tumundo juga menyampaikan apresiasi bagi semua peserta Lomba Cipta Senam Kreasi khas Minahasa dari semua Instansi Pemkab, Kecamatan, Perbankan dan Polres di Minahasa yang mengutus tim sebagai peserta, serta terima kasih kepada para sponsor dan semua insan pers yang turut mensukseskan kegiatan ini.

Baca Juga:  Rindam XIII/Merdeka Cetak 375 Prajurit Infanteri Baru

Kegiatan yang turut menampilkan Pentas Seni dan Budaya Minahasa berupa sajian tarian Kabasaran, tarian Maengket dan tarian Pisok oleh Ikatan Waraney dan Wulan Minahasa, tampilan grup vokal Basgilano Revolution, dilanjutkan dengan Lomba Cipta Senam Kreasi Baru khas Minahasa dengan peserta utusan SKPD, Instansi Vertikal, Perbankan, Kecamatan dan lainnya dengan iringan lagu daerah Minahasa yang sudah sangat populer “Sayang-Sayang si Patokaan.”

Yunita Rotikan

Pos terkait