Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaTomohon

SAS paparkan Foltikultura di kota Tomohon

×

SAS paparkan Foltikultura di kota Tomohon

Sebarkan artikel ini

Tomohon manadonews.co.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terpilih sebagai salah satu dari lima pemateri pada kegiatan Koordinasi Kerjasama Pelaku Usaha Lintas Kawasan Agribisnis Florikultura untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Lembang, Jawa Barat, Jumat (21/9/2018).

MANTOS MANTOS

Dipercayakan Kemenko Perekonomian, Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelin Sompotan tak menyia-nyiakan peluang tersebut, mewakili Wali Kota Jimmy Feldie Eman, SE.Ak.

Tampil penuh percaya diri, Syerly, sapaan familiar Sompotan, memaparkan panjang lebar dan mengupas tuntas potensi maupun prospek pengembangan kawasan florikultura di daerah hinterland Provinsi Sulut, yang juga dikenal sebagai Kota Bunga ini.

Semisal, jenis tanaman bunga Krisan, Mawar, Aster, Gladiol, Poikok, Anthurium, Krekey dan sejumlah jenis bunga lainnya, yang selama ini menjadi aneka komoditas bunga andalan pada ajang tahunan Tomohon International Flower Festival.

“Dukungan pemerintah kota Tomohon untuk pengembangan Florikultura antara lain dengan memberikan bantuan sarana produksi, alsintan, screen house setiap tahun, Peningkatan SDM Petani, Petugas, Dekorator, pengembangan dan perluasan serta dukungan sarana prasarana pada balai perbenihan dan agrowidyawisata (Show Window) dan dana talangan ketika terjadi over produksi bunga,” ujar Sompotan.

Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir. Vonny F. Pontoh, MBA yang ikut hadir mendampingi Wawali Syerly mengatakan, Kota Tomohon saat ini telah menjadi contoh pengembangan florikultura untuk kerja sama kawasan secara nasional.

Tanaman bunga yang ada di kota Tomohon, lanjut dia, dikenal luas menjadi komoditi  agrobisnis yang bernilai ekonomi tinggi  sebagai salah satu sumber penyedia lapangan kerja dan penggerak ekonomi daerah khusus kalangan petani bunga.

“Sebagai Kota Bunga, tentu Pemkot telah melaksanaan berbagai upaya mengembangkan tanaman bunga dan memberdayakan masyarakat petani sekaligus memperhatikan pengembangan bunga di Kota Tomohon,” katanya.

Diketahui, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan Lomba Stand Pameran Bunga.

Stand Pameran Bunga  Kota Tomohon sendiri meraih juara II dalam lomba tingkat nasional tersebut dan mendapatkan piala serta piagam penghargaan yang diserahkan oleh Asdep Pangan Kemenko Perekonomian Prof. Budi Marwoto.

Selan Kadis Pontoh, terpantau turut mendampingi Wawali Syerly, jugs Asisten Umum Ir. Corry Caroles, Kadis Lingkungan Hidup Novi A.H Politon, SE, TP PKK Kota Tomohon dan Kabag Humas & Protokol Michael Joseph, SSTP, M.Si (robby lumi)

 

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *