Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoNasionalPolitik

Resmi Masuk DPT, DDP Siap Bertarung Rebut Kursi Deprov Papua Barat

×

Resmi Masuk DPT, DDP Siap Bertarung Rebut Kursi Deprov Papua Barat

Sebarkan artikel ini
  • MANOKWARI,MANADONEWS-   Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Papua Barat akhirnya menetapkan 597 orang calon anggota legislatif masuk dalam daftar calon tetap yang akan memperebutkan 45 kursi di DPR Papua Barat pada Pemilu tahun 2019.

Awalnya KPU menetapkan sebanyak 603 daftar calon sementara. Dua nama dicoret karena berstatus sebagai mantan narapidana kasus tindak pidana korupsi. Satu bakal caleg lainya mengundurkan diri.

Data KPU setempat menyebutkan dari 597 Caleg, 224 di antaranya perempuan dan 373 laki-laki. Para Caleg ini akan memperebutkan 45 kursi DPR Papua Barat periode 2019-2024.

MANTOS MANTOS

Dari 16 partai politik peserta  pemilu di daerah ini hanya 5 partai politik yang mencapai 100 persen (45 Caleg) di lima daerah pemilihan (Dapil), yakni PKB, Gerindra, Nasdem, Hanura dan Demokrat.

Baca Juga:  Wagub Kandouw Harap Setiap Instansi Miliki Satu Inovasi

Jumlah Caleg paling sedikit, PBB 20 Caleg, PSI 21, PPP 25, Garuda 26, Partai Berkarya dan PKPI masing-masing memiliki 37 Caleg.

Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana kepada mengatakan, penetapan 597 Caleg telah melalui proses verifikasi dan klarifikasi. Awalnya terdapat lima Bacaleg yang tidak memenuhi persyaratan karena status mantan narapidana.

Setelah menetapkan DCT KPU selanjutkan akan melaksanakan deklarasi kampanye damai. Pihaknya telah menerima surat dari KPU RI terkait pelaksanaan deklarasi tersebut.

Kegiatan ini akan menghadirkan pengurus partai politik, para pihak terkait yang dipusatkan di lapangan Borarsi Manokwari dilanjutkan dengan pawai atau karnaval.

Sementara itu, Deiby Debora Pangeman (DDP) salah seorang dari 224 caleg perempuan yang bertarung lewat bendera Partai Nasdem untuk kursi DPRD Provinsi kepada Manadonews.co.id mengatakan bahwa seluruh proses penetapan DCT oleh KPU Provinsi Papua Barat telah dilakukan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.”Kita patut mengapresiasi kerja keras dan kerja cerdas KPU sehingga melahirkan penetapan DCT ini.”ujar pebinis wanita Sukses asal Manado yang tampil sebagai caleg DPRD Provinsi Papua Barat besutan partai Nasdem nomor urut 3 untuk Daerah pemilihan I Manokwari.(Nando)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *