Irup HUT Sulut ke-54, Wabup Bolmong Bacakan Sambutan Gubernur Sulut

Wabup Bolmong, Yanny Ronny Tuuk. (foto/tup)

 

BOLMONG, MANADONEWS, -Upacara Hari Ulang Tahun (HUT)  Provinsi Ke 54 dilaksanakan di halaman kantor Bupati Bolaang Mongondow (BOLMONG) Senin (24/9/2018)

Dalam upacara tersebut Wakil Bupati Bolaang Mongondow (BOLMONG)  Bapak Yanny Ronny Tuuk,  STh,  MM yang berperan sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara (SULUT).

“Dalam rangka menggapai visi pembangunan daerah yakni terwujudnya Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam budaya, serta menjadikan Sulawesi Utara sebagai salah satu pintu gerbang di Kawasan Timur Indonesia maka telah banyak yang kita lakukan bersama sejauh ini.

Dimana hasilnya signifikan serta memberikan kebanggaan yang nampak pada setiap lini sektor pembangunan, antara lain

Kemiskinan yang mampu ditekan melalui program OD SK hingga pada akhir tahun 2017 berada pada angka 7.9 persen atau menurun jauh jika dibandingkan angka kemiskinan pada 2016 yakni 8.89 persen, dan angka penggangguran yang juga ditekan hingga 6.09 persen pada semester pertama tahun 2018.

Baca Juga:  Wabup Yanni Irup Peringatan Hardiknas

Angka indeks pembangunan manusia Sulut yang terus meningkat menjadi 71.66 tahun 2017 dari sebelumnya 70.39 pada 2016.

Angka harapan hidup yang meningkat menjadi 71.4 persen dan presentasi balita gizi buruk yang terus menurun hingga mencapai 3.3 persen.

Peningkatan produksi padi, 11.23 persen dan produksi daging sapi 1 persen pada tahun 2018, serta produksi jagung yang sejauh ini telah mencapai 1.5 juta ton.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara yang hingga bulan Juli 2018 mencapai 206. 264 orang atau melonjak drastis dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada tahun 2015 yakni sebanyak 27.059orang.

Disamping itu beragam prestasi di berbagai bidang pembangunan juga berhasil kita raih,” ujar wakil bupati Bolaang Mongondow dua periode saat membacakan sambutan gubernur.

Prestasi tersebut yakni, Opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI untuk pengelolaan keuangan tahun 2017.

Anugerah KASN sebagai provinsi terbaik kategori kepatuhan dan kualitad tata kelola seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi tahun 2017
Penghargaan oleh presiden Republik Indonesia sebagai TPID terbaik tingkat provinsi di Kawasan Sulawesi.

Baca Juga:  ROR: Mari, Gunakan Hak Pilih!

Kuliner tinutuan, musik kolintang, musik bambu, tradisi mogama dan ritual monibi menjadi warisan budaya tak benda Sulut tingkat nasional tahun 2017.

Sulut masuk ranking 10 nasional dalam bidang penanganan konflik sosial dan meraih peringkat pertama di tahun 2017 dalam penilaian indeks demokrasi Indonesia.

Program OD SK yang masuk dalam Top 99 inovasi pelayanan publik tahun 2018.

“Tercatat pula kesuksesan bumi nyiur melambai dalam menjadi tuan rumah penyelenggaraan iven iven besar, baik skala nasional maupun internasional. Seperti perataan Paskah Asia (Asian Ecumenical Youth Assembly) 2018, Asian Science Camp (ASC) 2018, Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXV (25) tahun 2018, dan lokakarya ke 28 tentant mengelola konflik di Laut Cina Selatan,” jelasnya.

Dalam sambutan gubernur mengatakan bahwa Berbagai capaian dan prestasi ini tentunya patut disyukuri dan dimaknai dengan rintisan kerja yang semakin paripurna.

“Dengan tekad dan komitmen kita untuk selalu bersatu dalam bekerja, untuk menunjukkan bahwa Sulut terus bekerja dan akan terus menorehkan prestasi-prestasi yang hebat,” tutupnya.

Baca Juga:  Renti Ucapkan Selamat HUT ke 65 Buat Kabupaten Bolmong

Upacara ini dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana di Lingkungan Pemkab Bolmong.
(David).