Tim Irjenad Sambangi Lokasi TMMD Ke-103 Kodim 1302/Minahasa

TOMOHON,MANADONEWS– Inspektur Jendral TNI Angkatan Darat (Irjenad) Mayor Jenderal TNI Johny Tobing mengunjungi lokasi pelaksanaan TMMD ke-103 Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon pada Senin (05/11/18).

Kunjungan kerja dari Irjenad tersebut disambut meriah oleh masyarakat Pangolombian dengan sambutan Tarian Kabasaran dan pengalungan serta suguhan alunan Musik Bambu yang dibawah pimpinan Plh Danramil 1302-07/Tombariri Pelda Jansen Linu.

Pada kesempatan kunjungan ini Irjenad melaksanakan tatap muka bersama warga masyarakat Pangolombian, tokoh adat, tokoh agama, para tokoh pemuda, serta unsur pemerintah Kota Tomohon.

Irjenad Mayjen Johny Tobing dalam sambutannya antara lain menegaskan kedatangannya bersama staf ini adalah dalam rangka melaksanakan perintah Kasad Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab operasional TMMD, yakni untuk melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan TMMD dilapangan. “Diharapkan hasil dari kedatangan kami ini akan mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi perbaikan TMMD yang akan datang.”ujar Tobing.

Dia menjelaskan secara rinci bahwa program TMMD telah berjalan 38 tahun, diawali pada tahun 1980 ketika Jenderal M. Yusuf untuk pertama kali menggagas kegiatan ini masih bernama ABRI masuk desa (AMD), program AMD terfokus pada pembangunan masyarakat di pedesaan, desa dipilih sebagai objek pembangunan karena desa memiliki peran yang penting dalam pembangunan nasional termasuk didalamnya sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di desa, sehingga desa merupakan pertahanan terakhir dalam pertahanan negara.

Baca Juga:  Lantamal VIII Manado Sosialisasikan Doktrin dan Petunjuk Teritorial TNI Tahun 2019

Lebih lanjut Jenderal Berbintang Dua ini mengatakan, TMMD merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementrian/LPNK Pemda dan Masyarakat sebagai upaya untuk mendukung program Pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah daerah, Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat dengan menggunakan proses bottom up planning sistem yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral karena melibatkan semua unsur unsur yang terkait dimulai dari tingkat desa dan Kelurahan hingga kabupaten dan Kota.

Ditambahkannya, pelaksanaan TMMD adalah wadah bersama TNI-Pemerintah dan rakyat bergotong royong saling membantu untuk mensukseskan pelaksanaan program yang telah diputuskan bersama.”Keberhasilan pelaksanaan TMMD turut berkontribusi bagi peningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dan dalam jangka panjang.”tandas Tobing.

Usai tatap muka, Irjenad bersama rombongan langsung menuju lokasi pertama meninjau pembangunan Tiga Pilar, lokasi Dua melihat pembuatan Plat Duicker dan meninjau ke lokasi ketiga yakni pembangunan Jamban dan diakhiri dengan penanaman pohon secara simbolis.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Kasrem 131/Santiago Kolonol Inf Theo Kawatu, Kasiren 131/Santiago Kolonel Czi M. Andhy Kusuma, para staf Ahli dan Asisten Kasdam serta Kabalak Kodam XII/Merdeka, Para Kasi dan Kabalak Korem 131/Santiago, Letkol Inf Rian Anggota Tim Irjenad, Walikota Tomohon Jimmy Eman, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Ketua DPRD Kota Tomohon Miky Wenur, Kajari Kota Tomohon Edi Winarko, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi, Ketua Pengadilan Negeri Iko Sudjatmiko, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Sekot Tomohon Harod Lolowang, Camat Tondano Selatan Syeske Wongkar, Lurah Pangolombian Youce Sarese, para pimpinan SKPD Kota Tomohon serta seluruh komponen masyarakat kelurahan Pangolombian kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon. (Regina.TS/Warno Detuage).

Baca Juga:  Bupati Bolsel Terus Kunker ke Kecamatan-Kecamatan