SWM Irup Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018

MELONGUANE, MANADONEWS – Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip (SWM) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2018, Sabtu(22/12) pagi ini.

Apel yang diberlangsung di Lapangan Mapolres Kepulauan Talaud itu bertemakan “melalui Apel gelar pasukan operasi lilin 2018 kita tingkatkan sinergi polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2018 dan Tahun Baru 2019.”

Kapolri dalam amanat yang dibacakan SWM menjelaskan apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapan Siagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Operasi lilin 2018 akan dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019 dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum,” tukas Kapolri.

Lanjutnya operasi yang melibatkan 167.783 personil ini, Polri telah menginventarisir beberapa potensi kerawanan antaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping ormas dan Aksi Intoleransi, kecelakaan moda tranportasi baik darat, laut, maupun udara, ketersediaan dan stabilitas harga pangan serta kemacetan dan kecelakaan lalulintas.

Baca Juga:  Bawaslu Lakukan Penyuluhan Pemilu di Makodim 1312 Talaud

Hal lainnya, peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, akan memunculkan potensi meningkatnya kejahatan konvensional seperti begal, premanisme, maupun aksi street Crimea seperti pencurian, pencopetan, dan sebagainya.

“Terkait dengan aksi terorisme, peran satgas Anti teror Polda jajaran perlu untuk ditingkatkan, terhadap potensi aksi sweeping oleh ormas tertentu, perlu dilakukan imbauan kepada tokoh ormas agar tidak melakukan upaya sweeping, melainkan melaporkan kepada pihak kepolisian,” tandasnya mengingatkan.

“Sedangkan dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan yang banyak dipengaruhi oleh kelancaran suplai dan distribusi, saya menekankan agar seluruh jajaran terus melakukan kegiatan pendampingan dan operasi pasar secara bersama dengan seluruh instansi terkait,” katanya.

Usai membacakan amanat Kapolri, Bupati SWM menyematkan pita tanda operasi kepada para perwakilan yang ditunjuk dan pemeriksaan pasukan bersama.(M2n)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3038 votes

This will close in 10 seconds