MANADO, MANADONEWS – Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Group secara bertahap melakukan penyatuan pelayanan maskapai yang berada di dalam bendera Garuda Indonesia Group yakni Citilink, Sriwijaya, Nam Air serta Garuda Indonesia sendiri. “Terhitung tanggal 15 Januari 2019 ini para pelanggan setia Sriwijaya, Nam Air dan Citilink dapat membeli tiket di kantor pemasaran Garuda Indonesia.”ujar GM Garuda Indonesia Branch Office Manado Mac Fee Kindangen, Selasa (15/1/2019) dikantornya.
Menurut Mac,dengan memberikan layanan terpadu ini,dimaksudkan agar calon penumpang Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, dan Nam Air dapat dengan mudah bertransaksi dalam satu atap. “Seluruh kebutuhan pelayanan dan permasalahan dari empat maskapai dalam Garuda group dapat berusan di kantor pelayanan Garuda Indonesia.”ujar Mac
Lebih jauh Mac menjelaskan, dengan Garuda group ini para calon penumpang dapat memilih maskapai yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi service yang diharapkan. “Jika pelanggan yang butul service full maka Garuda adalah pilihan yang tepat sementara maskapai Sriwijaya dan Nam Air adalah pilihan alternatif lainnya dengan pelayanan dan harga yang relatif murah di banding Garuda. “ujarnya sambil menambahkan semua maskapai dalam Garuda group terkoneksi disemua rute penerbangan di Indonesia.
Dia mengatakan bahwa saat ini penerapan harga tiket tidak melebihi ketentuan Tarif Batas Atas (TBA) yang ditetapkan oleh pemerintah. “Meskipun manajemen menetapkan penjualan tiket sesuai TBA, namun hingga saat ini jumlah penumpang bepergian masih tinggi.”ujarnya sambil menegaskan tiket kelas Bisnis Garuda masih di minati oleh kalangan pebisnis, korporasi serta pejabat tinggi daerah dan pusat.
Ditambahkannya, pada dasarnya “keterkejutan” para pengguna jasa penerbangan yang merasakan harga tiket yang hampir mendekati TBA saat ini cukup dimaklumi, dimana kata Mac pada masa sebelum ini terjadi perang tarik dan program promo harga tiket yang cenderung bermain pada level tengah yakni diantara ketentuan Tarif Batas Atas (TBA ) dan Tarif Batas Bawah (TBB) bahkan cenderung hampir menyentuh ketentuan TBB. “Pada masa sebelum ini harga tiket yang dijual oleh maskapai tertentu cenderung memanjakan costumer dengan harga yang sangat miring.”ujar Mac perang tarif oleh maskapai penerbangan ada plus minusnya.
Lebih jauh Mac menambahkan,saat ini Garuda Group (Sriwijaya, Nam Air dan Citilink) setelah penjualan tiket secara “One Stop Service” di kantor Garuda Cabang Manado, kedepannya akan diusahakan agar semua proses yang menyangkut operasional maskapai Garuda Group akan lengkapi dan disatukan. “Pada dasarnya dengan Garuda Group semua kebutuhan penerbangan keseluru rute akan konek dengan harga tiket bervariatif sesuai ketentuan maskapai yang digunakan.” ujarnya.
Selain menawarkan kemudahan dan pilihan harga, pihaknya juga memberikan keuntungan dan kemudahan mendapatkan pelayananan Garuda Group melalui member Garuda Miles sesuai pilihan klasifikasi kartu.”Saat ini manajemen menawarkan kenyamanan dan keuntungan mendapatkan tiket penerbangan kesemua rute dengan mendaftarkan diri sebagai anggota Garuda Miles. “tandas Mac sambil menambahkan bahwa dengan memiliki member Garuda Mils semua kemudahan,kenyamanan dan keuntungan akan didapatkan melalui diskon 20% dan mendapatkan point setiap kali bertransaksi pada maskapai Garuda group.
Untuk itu kata Mac,saat ini dengan berbagai pertimbangan dan hitung-hitungan biaya operasional, maka harga tiket sesuai TBA itu adalah pilihan bijaksana dan paling tepat. “Manajemen memberi warning dengan hanya dua pilihan berani terapkan penjualan tiket sesuai regulasi dengan sangsi akan berhadapan dengan gejolak protes dan kritikan masyarakat atau pilihan kedua yakni dengan terpaksa membiarkan perusahaan merugi dan pada akhirnya akan pailit.”
Ditempat yang sama, Manager Distrik Manager Citilink Manado Tia Nugraha menegaskan bagi pemegang Garuda Mils yang membeli tiket Citilink selain potongan 20% juga akan mendapatkan gratis tambahan bagasi 10 kg.”Untuk ketentuan bagasi kami menunggu penetapan manajemen, namun yang pasti akan menyesuaikan dengan maskapi lainnya.”tegas Tia.
Sementara itu, Sales and Services Manager Garuda Indonesia Manado Agny Gallus Pratama dalam kesempatan itu mengatakan cara tepat mendapat tiket dengan harga murah adalah bertransaksi pada saat ada kegiatan pameran dan membeli tiket jauh hari sebelumnya.”Mau dapat tiket harga murah silahkan rencanakan penerbangan jauh hari sebelumnya dan bertransaksi pada saat pameran dan menggunakan Garuda Mils “ungkap dia.
Agny menambahkan dalam rangka menyambut HUT Garuda Indonesia ke-70 tahun 2019 ini,pihaknya akan menggelar aksi sosial donor darah yang melibatkan keluarga besar Garuda Group di Manado dan warga kota Manado lainnya.
“Bagi konsumen yang beruntung akan mendapatkan gimmick dan hadiah menarik.”tandas Agny sambil menambahkan Untuk informasi dan pembelian tiket, masyarakat bisa menghubungi Call Center Garuda Manado di 0431- 880007 atau layanan WhatApp Service di nomor 0811436737.
Adapun kegiatan Louncing penjualan tiket Group itj dihadiri oleh GM Garuda Indonesia Branch Office Manado Mac Fee Kindangen didampingi District Manager Citilink Manado Tia Nugraha dan District Manager Sriwijaya Air Manado Yohan Chrisna.(nando)