Walikota Irup Hut Kota Tomohon Ke-16

Tomohon manadonews.co.id

Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon meraih banyak capaian dan prestasi yang mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat melalui pemberian penghargaan.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE, Ak saat menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati hut ke-16 Kota Tomohon yang dilaksanakan di lapangan Babe Palar Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Senin (28/1/2019).

“Kita telah banyak mendapat presiasi dari berbagai komponen masyarakat. Untuk itu perlu disadari bahwah masyarakatlah yang membuat Kota Tomohon semakin maju,” ujar Wali Kota Eman.

Karena itu, Wali Kota Jimmy Eman berharap agar hari jadi ke-16 ini Tomohon akan semakin diberkati Tuhan dan tetap eksis sebagai daerah otonom dalam dinamika pembangunan nasional

“Juga kiranya akan semakin menambah semangat meneguhkan tekad seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja tuntas demi membangun Kota Tomohon,” ujarnya.

Wali Kota Jimmy Eman mengungkapkan, sepanjang tahun 2018 Tomohon telah meraih berbagai prestasi.

Antara lain, memperoleh nilai laporan kinerja instansi B, LAKIP Kota Tomohon memperoleh predikat Penilaian B, meraih WTP yang ke-5 secara beruntun, terbaik ketiga penyaluran DAK se-Sulut, Pemda terbaik dalam penyetoran iuran wakib PNS Tahun 2018 dari BPJS Kesehatan, termasuk 3 besar perencanaan pembangunan daerah terbaik se-Sulut.

Baca Juga:  Persiapkan Kedatangan Presiden, Gubernur Tinjau Bandara Miangas

Dalam bidang infrastruktur, lanjut dia, diresmikannya Mall Pelayanan Publik dan Taman Kabasaran, Hadirnya RSUD Anugerah, Peresmian Menara Alva & Omega sebagai ikon pusat kota.

Di tengah perlambatan ekonomi global maupun nasional, data BPS Maret 2018 pertumbuhan ekonomi Tomohon tahun 2017 meningkat pada 8,85 %.

Indikator makro Tahun 2017 yakni tingkat pe gangguran pada 4,42 %,angka harapan hidup pada 71 18, Indeks Pembangunan Manusia 75,34 & Kemiskinan pada angka 3,44 %. Tahun 2017 terdapat 8 kawasan kumuh dan Tahun 2018 sudah tak ada lagi lawasan kumuh.

“Marilah kita jadikan Tomohon sebagai daerah yang aman dan nyaman untuk di kunjungi dengan segala potensi yang merupakan berkat Tuhan untuk dikelola bagi kemakmuran juga kesejahteraan masyarakat kota,” tandas Eman.

Acara ini dihadiri Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Sekretaris Daerah Ir H.V.Lolowang, M.Sc dan Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky J.L. Wenur, MAP.

Tampak juga, Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait, SIK, SH, M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Edy Winarko, SH.MH, mewakili Dandim, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Minahasa Andy Enny Tenry Abeng, Perwakilan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Rusli Lolong S.Ap. Perwakilan Lapas Perempuan Kelas II B Manado Julitha Gahagho, S.Pd, Kepala Kanto Kementerian agama Kota Tomohon Pdt.Simon Rawis, S.PAK M.Pdk.Ketua FKUB Tomohon Pdt. Vonny Roring MTh, Para Kepla Perbankan Tomohon, Para Tokoh Agama Tokoh Masyarakat, Komandan Denma Lantamal Manado Letkol Laut Marcelino J. Sompotan, Mewakili Pangdam XIII/MDK Kolonel John Sihombing, SH, bersama seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (robby lumi)

Baca Juga:  KM.Baku Sayang 03 Tenggelam, 12 ABK Hilang