Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaPemerintahanTotabuan

Ini Penjelasan Frangki Terkait Reses Anggota DPRD

×

Ini Penjelasan Frangki Terkait Reses Anggota DPRD

Sebarkan artikel ini

BOLMONG,MANADONEWS,-Kegiatan Reses anggota DPRD merupakan forum pertemuan di Dapil masing-masing antara masyarakat dan anggota DPRD.

Ini merupakan suatu interaksi melalui dialog dalam rangka menyampaikan aspirasinya.

MANTOS MANTOS

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kabag Persidangan dan Risalah Frangki Panelewen S.Sos M.Si Selasa, (19/2/2019).

“Kegiatan ini merupakan suatu kewajiban bagi anggota DPRD untuk menyerap, menampung dan menindaklanjuti aspirasi ini sesuai dengan ketentuan forum reses secara intensif yang akan didampingi dan difasilitasi oleh sekretariat DPRD,” jelasnya.

Dijelaskannya, masa reses merupakan masa dimana anggota DPRD bekerja diluar gedung DPRD untuk menjumpai konstituen di dapilnya masing-masing.

Lanjutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD yaitu kunjungan kerja.

“Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan,” terangnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, dasar pelaksanaan reses adalah Undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan undang undang nomor 9 tahun 2015 tentang pemerintahan daerah.

“Undang undang nomor 15 tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, undang undang 17 tahun 2014 tentang MD3 sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan undang undang nomor 2 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas undang undang nomor 17 tahun 2014 tentang MD3.Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD serta peraturan DPRD nomor 01 tahun 2018 tentang tata tertib DPRD Kabupaten Bolmong,” tuturnya. (David)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *