Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaTotabuan

BPBD Bolmong Apel Siaga dan Simulasi Evakuasi Korban Bencana

×

BPBD Bolmong Apel Siaga dan Simulasi Evakuasi Korban Bencana

Sebarkan artikel ini

BOLMONG,MANADONEWS,-Dalam rangka memperingati hari kesiapsiagaan bencana (HKB) 2019 BPBD Kabupaten Bolmong menggelar apel siaga dan simulasi evakuasi korban bencana

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga, ST melalui Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kaharudin Mustafa, jumat (26/4/2019) saat berada tepatnya di lapangan Kantor Bupati Bolmong.

MANTOS MANTOS

“Berdasarkan UU No.24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, tanggal 26 april merupakan tanggal ditetapkanya hari kesiapsiagaan bencana,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula Kaharudin menjelaskan tujuan dilaksanakanya kegiatan tersebut yakni untuk meningkatkan kemampuan kompetensi dan teknis kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi dan menangani bencana.

Ditambakannya, kegiatan sosialisasi dan simulasi bencana gempa tersebut diharapkan dapat memampukan peserta untuk merespon dampak dari kejadian gempa.

Baca Juga:  Panelewen dan Keluarga Didoakan Sukses Pimpin RSUP Kandou Manado

“Tema HKB tahun 2019 adalah perempuan sebagai guru kesiapsiagaan dan rumah sebagai sekolahnya. Perempuan dipilih karena memiliki sifat melindungi, aktif dalam kelompok sosial dan komunitas juga sebagai sosok pembelajar,” jelasnya

Selanjutnya ia mengatakan perempuan merupakan salah satu kelompok yang paling banyak menjadi korban bencana karena kurangnya pemahaman akan resiko dan besarnya keinginan mereka untuk menolong keluarganya, namun belum memiliki kapasitas yang memadai sehingga pentingnya pelatihan bagi perempuan dalam mengantisipasi apabila terjadinya bencana.

Ditambakannya, dalam kegiatan tersebut, Asisten 1 Derek Panambunan mewakili Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow menjadi Inspektur Apel Siaga. (David)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *