Dispotmar AL Pilih Dusun Jauh Tasuka sebagi Lokasi Seminar Bintahwil 2019

KAKAS, MANADONEWS – Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (ROR-RD) melawat ke Dusun Jauh Tasuka, Desa Tounelet Kecamatan Kakas, Senin (17/6).

Kehadiran top eksekutif Minahasa itu untuk mrenghadiri Seminar Pemberdayaan Ekonomi dan Kepedulian Lingkungan Kabupaten Minahasa dalam rangka mendukung Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) Tahun 2019 yang diselenggarakan Mabes Aangkatan Laut (AL).

Membawakan sambutan, Kepala dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) Mabes TNI AL Brigjen Marinir (TNI) Donar Philip Rompas Dikatakan Philip Rompas, mengungkapkan seminar ini merupakan kepedulian TNI AL, untuk ikut membantu Program Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Implementasi Pemberdayaan wilayah pertahanan laut dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan potensi maritim dalam pelaksanaannya melalui metode pembinaan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bakti TNI,” katanya.

Khusus Danau Tondano, kata Rompas, menjadi begitu penting keberadaannya yang apabila dikelola dengan baik maka akan mampu meningkatkan ketahanan pangan dan menambah pendapatan sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

“Kondisi saat ini danau tondano dengan luasnya cakupan 20% tertutup oleh tanaman eceng gondok meski berbagai pihak berupaya mengendalikan tanaman tersebut. Upaya-upaya tentu menyita banyak waktu, tenaga dan biaya. Oleh karena itu diperlukan berbagai terobosan agar tanaman ecek gondok memiliki nilai manfaat yang optimal baik dari segi ekonomi maupun kelestarian lingkungan,” paparnya.

Baca Juga:  Sekprov Silangen Minta Seluruh Panitia Pekan Revolusi Mental Jalankan Tugas Dengan Maksimal

Harapannya, semua dapat mengikuti Seminar ini dengan sebaik-baiknya dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat minahasa.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, MSi, Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Moses Sipasulta M,MAR, Stud, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung, SH, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw, S.Sos, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kolonel Purnawirawan Boyke Kambey, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara Ir.Marly Gumalag, MSi, Pimpinan Cabang BRI Tondano Taswin Tajudin, Para Asisten Setdakab Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Camat dan Hukum tua, turut berbaur bersama dengan masyarakat.

Yunita

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3037 votes

This will close in 10 seconds