Robby Dondokambey Calon Tunggal

MINAHASA, MANADONEWS – Isu pergantian di tubuh pimpinan PDI Perjuangan Minahasa terjawab. Teranyar, siapa kader yang bakal menjadi nahkoda baru ‘Banteng Minahasa’ hanya mengerucut pada satu nama. Jelang Konfercab, nama Robby Dondokambey (RD) berada di atas angin dan diprediksi melenggang mulus. Wakil Bupati Minahasa itu mendapat dukungan dari seluruh Pengurus Anak Cabang (PAC).

Sebanyak 25 PAC se-Minahasa menyampaikan aspirasi dan memberikan dukungan bulat kepada RD sebagai calon tunggal Ketua DPC Minahasa, saat Rakercab DPC PDI Perjuangan Minahasa, Jumat (28/6) di Wale Immanuel Koya. “Seluruh PAC mengusulkan satu nama yaitu Pak Robby Dondokambey sebagai Ketua DPC PDIP Minahasa. Tinggal menunggu penetapan SK dan sebagainya,” Kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut Janes Parengkuan, usai memimpin Rakercab. Parengkuan menambahkan bahwa untuk struktur kepengurusan partai akan disusun saat konfercab. “Struktur disusun 17 Juli,” beber Parengkuan.

Selain RD, seluruh PAC juga nama Megawati Soekarnoputri sebagai calon Ketua Umum PDI Perjuangan. Sedangkan posisi Ketua DPD masih mempercayakan Olly Dondokambey. “Ketiga nama itu sudah kami usulkan, selanjutnya usulan akan dibawa ke tingkat DPD kemudian ke tingkat DPP,” beber Ketua PAC Pineleng Max Mandagi didampingi Sekretaris Robert Lamania dan Bendahara Theodorus Lontoh.

Baca Juga:  Panpel Matangkan Persiapan Pawai Paskah Anak Kota Manado

Sementara itu, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut Lucky Aldrin Senduk menjelaskan, ada beberapa tahapan pra kongres menjelang Kongres ke-5 di Bali, Agustus mendatang. Masing-masing, konfercab dan konferda. Konfercab didahului dengan Rapat PAC untuk menjaring nama calon Ketua DPC. Kemudian diusulkan langsung ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) melalui DPC. DPD juga diberi kewenangan mengusulkan nama calon Ketua DPC ke DPP. Selanjutnya ketua DPC ditetapkan DPP.

“Rapat kerja cabang untuk menjelaskan mekanisme dan prosedur untuk konfercab, konferda dan kongres. Dalam rakercab, PAC se-Minahasa menyampaikan aspirasi mereka untuk mencalonkan Robby Dondokambey sebagai Ketua DPC. Saat itu langsung menyerahkan Berita Acara Rapat PAC serta kelengkapan adminisrasi lainnya yang berkaitan dengan penjaringan calon Ketua DPC,” ujar Senduk.

Lebih lanjut, Senduk menambahkan, untuk Konferda, DPC mengadakan rapat untuk mengusulkan nama calon Ketua DPD dan nantinya ditetapkan DPP. “Untuk Ketua DPD Sulut, semua DPC sepakat mengusulkan Olly Dondokambey, serta ibu Megawati Soekarnoputri sebagai calon tunggal Ketua Umum PDI Perjuangan,” ujar Senduk. (youngky)

Baca Juga:  Tahun Ini Dinas PRKP Kotamobagu Usulkan 300 Unit BSPS

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
320 votes

This will close in 10 seconds