Walikota Lomban Dampingi Menteri PPPA Buka FASM- Sinode GMIM 2019 di Bitung

BITUNG,MANADONEWS.co.id-Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE, M.Si beserta Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri MM, menyambut kedatangan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, DIP. Apling, MA, untuk membuka acara Festival Anak Sekolah Minggu Sinode (FASM) 2019 Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

Adapun kegiatan akbar internal Sinode GMIM yang dilaksanakan di lapangan stadion Dua Sudara, Kota Bitung,Jumat (28/06) itu ditandai dengan pelepasan burung Merpati.

Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban dalam sambutannya antara lain berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat pada pelaksanaan festival anak sekolah Minggu se-Sinode GMIM di Kota Bitung, hal itu dibuktikan dengan kehadiran Ibu Menteri Yohana Yambise.

Lomban mengatakan, pemerintah Kota Bitung terus berupaya semaksimal mungkin memperhatikan keberadaan anak di Kota Bitung lewat program-program meningkatkan kesadaran untuk menjaga, memelihara, dan melindungi generasi masa depan ini dari segala faktor yang mengancam masa depan mereka.

“Saat ini Pemkot Bitung sudah dua kali menerima pengharagaan KLA dan terus dievaluasi kedepannya agar menjadi lebih baik lagi,” kata Lomban.

Baca Juga:  Antisipasi Virus Corona, Ketua TP-PKK Kota Bitung Ajak Warga Manfaatkan Layanan HOT LINE COVID-19 Kota Bitung (0853 4043 2718)

Ia juga berpesan kepada seluruh anak-anak peserta lomba agar jangan pernah ragu untuk bermimpi dengan cita-cita yang besar, “Maksimalkan bakat dan talenta yang kalian miliki karena jika kita tekun dan berdoa apa yang diharapkan dapat terwujud,” tutur Lomban.

Sementara itu Mama Yo, sapaan akrab Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI menyampaikan, ini merupakan kunjungannya yang pertama kali di Kota Bitung dan merupakan suatu kebanggan dapat hadir dalam kegiatan FASM karena suasana kekeluargaan yang nampak dan sangat terasa.

Dia menambahkan, Provinsi Sulawesi Utara mencetak rekor pertama di Indonesia yang melaunching Gereja Ramah Anak .”Dengan adanya predikat ini, diharapkan kedepannya agar kota Bitung dan Provinsi Sulawesi Utara tentunya segera menuju kota layak anak.” ucapnya.

Menurutnya, seluruh kota di Indonesia belum ada yang menyandang kota layak anak. Saat ini cuma kota Solo dan kota Surabaya yang berpredikat tingkat Utama.

“Untuk menjadi kota layak anak, ada 24 kriteria yang harus dipenuhi. Salah satunya dengan mengurangi iklan rokok dan tidak merokok disembarang tempat.”tegas Mama Yo.

Baca Juga:  Pemkot Bitung Tak Miliki Anggaran untuk Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota

Dalam kesempatan itu Menteri PPPA itu juga kagum dan mengapresiasi kerukunan dan kebersamaan yang ada di kota Bitung tanpa memandang suku, agama dan ras. “Walaupun kegiatan ini khusus untuk umat Kristiani namun mampu menghadirkan Qasidah dari anak-anak MTs, terbukti kerukunan dan kebersamaan di Bitung harus diteladani daerah lain,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Umum Panitia FASM 2019, Sym. Rita Mantiri Tangkudung mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan diantaranya, pembinaan iman anak-anak sekolah minggu sejak dini, menjadikan anak-anak sekolah minggu sebagai pelaku Firman yang sejati, mengarahkan anak-anak sekolah minggu agar lebih kreatif, dinamis, berani, sportif dan kompetitif.

“FASM 2019 merupakan program komisi pelayanan anak sinode GMIM yang adalah suatu wadah yang tepat untuk membangun kebersamaan gerejawi dalam hal ini anak- anak menjadi alat kesaksian yang nyata dengan talenta yang luar biasa yang diberikan Tuhan guna membangun dan menyatakan apa yang diamanatkan kepada kita untuk menjadi garam dan terang dunia,” katanya.

Turut Hadir Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ny. Rita Dodonkambey Tamuntuan, Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung, Ketua DWP Kota Bitung Ny. Riny Pangemanan Tinangon, para pejabat lingkup Pemkot Bitung serta Instansi terkait lainnya.(advetorial)

Baca Juga:  Dankormar Terima Penyerahan Jabatan Asisten Perencanaan & Anggaran Komandan Korps Marinir

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
62 votes

This will close in 10 seconds