Example floating
Example floating
Berita Utama

Jokowi Restui Negoisasi Olly

×

Jokowi Restui Negoisasi Olly

Sebarkan artikel ini

Catatan :FERNANDO ADAM

Dengan menumpang Pesawat Dinas Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo bersama sekretaris Kabinet dan juru bicara Kepresidenan dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Rabu (4/7/2019) siang landing mulus di bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

MANTOS MANTOS

Adapun kedatangan Presiden Joko widodo dan Ibu negara dengan sejumlah Menteri Kabinet kerja tersebut dalam rangka memenuhi janjinya pada kunjungan pada bulan Maret 2019 lalu.” Saya akan kembali lagi kesini untuk melihat dari dekat pembangunan infrastruktur di daeran ini.”ujar Jokowi kala itu.

Seperti kunjungan kerja kedaerah lainnya di Indonesia, kedatangan Jokowi bersama turut didampingi sejumlah Menteri yakni Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Kabar dan kepastian kunjungan orang nomor satu di Indonesia ini, disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung via telepon kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey.”Saya baru terima telpon dari Seskab untuk persiapkan kunjungan Presiden ke Sulut.”tutur Olly Dondokambey kepada wartawan desk liputan Kantor Gubernur, awal bulan Juli 2019 lalu.

Atas rencana Presiden Jokowi beserta rombongan itu, Gubernur Olly Dondokambey langsung mengadakan rapat tertutup dengan seluruh unsur forkopimda Sulut dan instansi pemerintah terkait lainnya.

Agenda kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Sulut ini,selain dalam rangka penyerahan 2000 sertifikat bagi warga Sulut diGrha Bumi Beringin, juga guna melihat kondisi infrastruktur pendukung Pariwisata serta mengecek langsung percepatan dan kebutuhan pembangunan mega proyek di Sulut antara lain Jalan Tol Manado-Bitung dan KEK Bitung yang sementara dalam penyelesaian. Atas progres mega proyek itu Presiden Jokowi memerintahkan Kementrian terkait segera merampungkan secepatnya.

Sementara itu, keutungan lain yang dirasakan adalah perintah dan janji Presiden untuk memperpanjang landasan pacu bandara Sam Ratulangi agar dapat didarati pesawat berbadan besar dan menambah daya tampung dari 2 juta menjadi 6 juta orang dan perbaikan pelabuhan Manado pembangunan pelabuhan Ferry, jembatan penghubung di Lembeh kota Bitung serta sejumlah perhatian terhadap kebutuhan pembangunan sarana Infrastruktur di Sulut.

Namun, yang cukup menarik dan perhatian publik di Sulut dan para Menteri Kabinet kerja adalah kekaguman Presiden Jokowi atas terobosan dan gagasan Gubernur Olly Dondokambey yang berhasil menaikkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 600% selama tiga tahun terakhir ini.”Saya salut Pak Olly bisa wujudkan Sulut jadi The Rissing Star Pariwisata”ucap pak Jokowi saat mengunjungi destinasi wisata di Bunaken, KEK Pariwisata di pantai Pulisan Likupang, Selat Lembeh dan pusat UKM Indonesia Jendela Indonesia di Manado.

Untuk itu kata Presiden Jokowi bahwa “Naluri bisnis”Gubernur Olly yang bersikukuh menjadi pembangunan Pariwisata sebagai primadona pendapatan asli daerah dan menjadi “Treager”Pertumbuhan ekonomi Sulut hingga berada di atas level rata-rata nasional, patut disupport oleh Kementrian yang terkait.”Saya apresiasi konsep pak Olly dalam mewujudkan Sulut menjadi tujuan wisata dunia selain kota Bali.”ungkap Jokowi.

Melihat dampak positif yang bakal “Boyong”oleh Presiden Jokowi di Sulut, maka tidak heran Kapolda Sulut, Pangdam XIII/Merdeka, Danlantamal VIII, Danlanud Sam Ratulangi, PLN Sulutenggo, Pemprov Sulut, Pemkot Manado dan Bitung bersama jajaran serta pihak swasta terkait ASITA Sulut, PHRI Sulut dan pihak Mercure Hotel tempat Presiden dan rombongan menginap,sangat kompak dan bekerja keras menyukseskan kunjungan kedua Presiden Jokowi selama pemerintahan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK) dengan aman dan lancar.

Yang pasti, terlepas dari pro-kontra sorotan Presiden Jokowi yang fokus pada pembangunan infrastruktur (strategis) di Sulut khususnya diwilayah Kota Manado dan Bitung serta Kabupaten Minahasa Utara, kedatangan Presiden bersama Ibu Negara dan sejumlah Menteri terkait di Manado selama dua hari, patut diapresiasi dan disyukuri karena telah membawa harapan baru dan berkah bagi daerah Nyiur Melambai dengan rencana pembangunan Infrastruktur diManado, Minut dan Bitung di bawah pimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey. “Masyarakat Sulawesi Utara patut berbangga dan bersyukur Punya sosok pemimpin seperti Pak Olly Dondokambey.”kata Presiden Jokowi disela-sela pembagian sedikitnya 2000 lembar sertifikat tanah kepada warga Sulut.

Pada akhirnya, kesungguhan dan kerja keras seluruh unsur forkopimda Sulut, Kota Manado, Bitung, Minut dan pihak terkait lainnya, telah membuahkan hasil yang membanggakan seluruh komponen masyarakat di Sulut, dimana selama Presiden bersama istri tercinta dan rombongan dapat melihat langsung potensi dan kekayaan alam Sulut.

Kini, pesawat Kepresidenan RI yang merupakan salah satu simbol negara RI, telah lepas landas dari bandara Sam Ratulangi mengantarkan orang nomor satu di republik ini untuk menghadapi tugas besar lainnya.”Selamat jalan dan Bekerja Presiden moga tiba dengan selamat di tempat tujuan selanjutnya ,Terima Kasih Atas perhatian bapak kepada daerah ini, janji bapak kami nantikan”.(***)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *