Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaTomohon

Tim IKKON Bakal Kembangkan Potensi Budaya Tomohon

×

Tim IKKON Bakal Kembangkan Potensi Budaya Tomohon

Sebarkan artikel ini

Tomohon manadonews.co.id

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Tim IKKON telah melakukan riset potensi ekonomi kreatif dan budaya, sejak 1 hingga 13 Juli 2019 di seluruh wilayah Kota Tomohon.

MANTOS MANTOS

Anggota tim yang langsung bernaung di bawa Presiden ini, berjumlah 11 orang dan langsung bertemu dengan budayawan, perajin dan komunitas kreatif dari berbagai bidang yang ada di kota Tomohon.

Pengembang Bisnis Tim IKKON Ilham Pinastiko mengatakan, ada sejumlah sentra kerajinan unggulan didatangi ole Tim Misalnya, sentra anyaman bambu Kinilow dan perkebunan bunga Kakaskasen di Tomohon Utara, sentra rumah kayu Woloan di Tomohon Barat, sanggar budaya dan sentra produksi Kolintang Wale Mazani Minahasa di Tomohon Selatan.

Baca Juga:  CSWL: Selamat Ulang Tahun Pak Petra Rembang

“Kami juga tak hanya melihat-lihat produk yang ada, namun sempat berkenalan dengan perajin di tiap tempat untuk mendengar cerita mereka. Baik soal produk kerajinan, maupun keluhan soal ekosistem ekonomi kreatif yang ada di Tomohon saat ini,” bebernya, katanya beberapa hari yang lalu

Tim IKKON juga mengunjungi beberapa situs budaya seperti Amphiteather Woloan, Waruga, dan Danau Linow yang menjadi primadona pariwisata Di kota yang berjulukan Kota bunga dan pendidikan.

“Saya terkesan sekali melihat budaya Minahasa yang ada di Tomohon, khususnya Tari Kawasaran. Tari perang itu eksotik dan elegan sekali, saya melihat Tari Kawasaran itu potensial sekali untuk dieksplorasi lebih jauh,” ujar Koreografer Tim IKKON Tomohon Otniel Tasman.

Baca Juga:  Kepada Mendagri, Eman Sampaikan Hal Ini

Untuk diketahui, ada tiga poin yang ditekankan di program ini, yakni potensi lokal, kolaborasi, dan sistem berkelanjutan. Setelah riset, Tim IKKON Tomohon akan berkolaborasi mengembangkan berbagai produk kreatif bersama perajin dan pegiat ekonomi kreatif lokal.

Adapun, dua tempat yang paling potensial untuk kolaborasi adalah rumah kayu Woloan dan sentra bambu Kinilow. Dari segi budaya, Tim IKKON mengungkapkan bahwa akar budaya Minahasa yang kuat di Tomohon harus tetap dilestarikan.(Robby lumi)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *