Pemkab Minahasa Gerak Cepat Atasi Eceng Gondok Danau Tondano

TONDANO, MANADONEWS – Pemkab Minahasa bergerak cepat mengatasi eceng gondok di Danau Tondano.

Hal itu mengemuka saat berlangsungnya Rapat kegiatan bersih – bersih sungai menuju Danau Tondano yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab Minahasa Dr. S Wilford Siagian MA, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir Wenny Talumewo dan Kepala Bidang Persampahan Marthen Weku S.Sos, bertempat di ruang sidang kantor Bupati, Selasa (16/7).

“Eceng gondok adalah masalah yang perlu dibahas bersama dalam rapat karena sudah viral bahwa sungai – sungai di DAS Tondano telah tertutup olehnya,” ungkapnya.

Situasi itu, menurutnya, membuat nelayan sulit untuk melewatinya.

“Karena itu bapak Bupati menginstruksikan kami(As II) bersama Lingkungan Hidup untuk mencari solusi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Jangka pendek untuk cepat membersihkan melalui kerja bakti di beberapa spot yang harus dibersihkan, jangka menengah yakni mana yang sudah terkumpul, dan jangka panjang yakni dipelihara supaya tetap bersih. Camat, Hukum Tua, Lurah yang berdomisili di seputar harus dilihat wilayah di samping ada upaya-upaya pak Bupati untuk membangun Danau Tondano,” paparnya.

Baca Juga:  Sekda Bolsel Hadiri Rakerda Pengelolaan Bencana Terpadu

Dijelaskanya, Bupati bahkan Gubernur dan Presiden Joko Widodo sangat memberi perhatian besar bagi pengembangan Danau Tondano.

“Karena itu pemerintah dan masyarakat harus bersama menjaga, melestarikan dan membersihkan Sungai dan Danau Tondano,” ajaknya sekaligus mengingatkan.

Imbuhnya, Kamis lusa (18/7) akan digelar Rapat bersama 9 instansi pemerintah Provinsi dan Pusat sebagai tindaklanjut dari pertemuan Bupati dengan Presiden RI serta para menteri terkait Danau Tondano.

Rapat dihadiri Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab Minahasa, Dinas Pemadam Kebakaran, Camat Tondano Raya, Hukum Tua dan Lurah se Tondano Raya.

Yunita