Wabup Deddy Dukung Program Kemaritiman Diimplementasikan ke Kaum Muda Bolsel

BOLSEL,Manadonews.co.id-.Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid melakukan audience dengan Deputi IV Kemenko Bidang Kemaritiman, terkait Implementasi Kurikulum Kemaritiman.

Wabup dan rombongan diterima langsung oleh Dr. TB. Haeru Rahayu, A.PI, MSc selaku Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan Kemenko Bidang Maritim bersama Para Pejabat diLingkup Kedeputiaan IV, di Ruang Rapat Kemenko Kemaritiman, Jumat (26/7/2019).

Pada pertemuan ini ASDEP Dr. TB. Haeru Rahayu menyampaikan bahwa untuk mencapai tujuan nasional, pemerintah telah merencanakan pembangunan Indonesia menjadi poros maritim dunia sebagaimana yang tertuang dalam Nawacita.

Untuk itu, Kemenko Maritim bersama Kementerian Dikbud telah mengembangkan kurikulum kemaritiman sejak tahun 2017 dan saat ini telah telah dilaksanakan implementasi kurikulum kemaritiman (pilot project) di beberapa daerah.

“Kurikulum kemaritiman tak semata-mata menanamkan spirit budaya maritim, tetapi hal-hal terkait lainnya seperti perubahan iklim, tanggap bencana hingga penanganan isu sampah,” jelasnya.

Sementara itu, Wabup Bolsel Deddy Abdul Hamid mewakili Bupati Iskandar Kamaru menyampaikan bahwa Kabupaten Bolsel dengan Garis Pantai ± 297 KM, sebagian besar adalah nelayan.

Baca Juga:  Babinsa Babo Ajak Warga Peduli Kebersihan Pesisir Pantai

“Ini berarti sebagian besar pelajar adalah anak nelayan,” ungkapnya.

Namun, kurikulum yang diajarkan selama ini kurang mengenalkan anak didik kepada dunia kemaritiman. Untuk itu pemerintah daerah merasa perlu untuk segera mengimplementasikan Program Implementasi Kemaritiman di daerah.

“Hal ini untuk penguatan karakter pemuda dan pelajar demi memperkuat jati diri kita sebagai Bangsa Maritim,” katanya.

“Dengan adanya kurikulum ini juga diharapkan dapat mengenalkan pelajar secara dini terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana dan penanganan sampah di daerah kita,” pungkasnya.
(Bobby)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *