Angin Kencang Landa Sulut, Warga Diminta Waspada

SULUT,Manadonews.co.id-.Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 46 kilometer per jam berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut BMKG terdapat 10 daerah yang akan terjadi angin kencang, seperti Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa Utara, Minahasa, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow (Bolmong), Sitaro, Sangihe dan Talaud.

BMKG sendiri sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca di Sulut mulai 4 sampai 6 Agustus 2019.

Menurut Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado, Carisz Kainama mengatakan dari hasil analisa, angin kencang yang terjadi saat ini karena adanya aktivitas depressi tropis di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina, dan depressi tropis ‘Wipha’ di bagian utara Vietnam.

Selain itu, dikarenakan adanya badai tropis ‘Francisco’ di Samudera Pasifik sebelah selatan Jepang menyebabkan potensi angin kencang di sebagian wilayah Sulut.

“Angin kencang dengan kecepatan lebih dari 46 kilometer per jam di wilayah Provinsi Sulut berpotensi terjadi di 10 wilayah,” ujarnya

Potensi terjadi angin kencang di sebagian wilayah Sulut, BMKG mengimbau, perlu diwaspadai warga terjadinya gelombang tinggi di laut baik untuk aktivitas nelayan dan pelayaran khususnya di Perairan selatan Sulut, Perairan Bitung dan Likupang, Laut Sulawesi, Laut Maluku bagian utara dan selatan, Perairan Kepulauan Sangihe, dan Perairan Kepulauan Talaud.

Baca Juga:  September Puncak Musim Kemarau

“Warga diminta waspada dan berhati-hati,karna angin kencang mengakibatkan  tumbangnya pohon sangat membahayakan pengguna Jalan serta kebakaran dari pembakaran semak belukar dan aktivitas menggunakan api bisa menyebabkan terjadinya kebakaran” pungkas Kainama.
(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
360 votes

This will close in 10 seconds