Refleksi HUT Kemerdekaan, Ketua IWO Sulut: Tinggalkan Ego Sektoral

MANADO, MANADONEWS – Setiap Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia terkandung makna tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI.

Terkait hal itu, menurut Ketua DPD Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulawesi Utara (Sulut) Victor Rarung, media masa, khususnya media online dituntut perannya sebagai media informasi publik yang berorientasi pada penyajian yang ‘menyatukan.’

“Sebab nilai persatuan sangat mendasar untuk terus diperjuangkan, tak kecuali oleh para jurnalis,” tandasnya.

HUT Proklamasi yang diperingati setiap tahun akan selalu menjadi momentum reflektif yang mengingatkan akan nilai itu (persatuan, red).

Untuk bisa memposisikan diri sebagai jurnalis yang menyatukan, Rarung mengutip pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo pada Rapat Paripurna Istimewa MPR dalam rangka HUT Proklamasi ke- 74 RI (Jumat, 16-8-2019 pagi tadi).

“Tinggalkan ego sektoral!” tegasnya.

Katanya, selama masih mempertahankan ego sektoral, jurnalis tidak akan bisa menghasilkan karya nyata yang menyatukan.

“Sebaliknya yang ada malah pengkotakan,” tuturnya.

Ia berharap media massa, terutama media online, menjadi media yang bernafaskan Bhineka Tunggal Ika.

Baca Juga:  Merciful Building Miliki Aneka Kue dan Souvenir Khas Manado

“Jadilah Media informasi yang menggiring pola pikir masyarakat kepada pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Karena, lanjutnya, sebagai anak bangsa, jurnalis dapat turut aktir terlibat dalam pembangunan melalui hasil karya jurnalistik

“Atas nama pribadi dan pengurus IWO Sulut, saya mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan ke- 74 Republik Indonesia, negara kita tercinta,” tutupnya.

Fian