Kodam XIII/Merdeka Gelar MTT Penataran Hukum Triwulan III TA 2019

MANADO,MANADONEWS.co.id-Irdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Setio Budi Raharjo mewakili Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang secara resmi membuka kegiatan Mobile Training Team (MTT) penataran hukum sebagai fungsi komando bagi para Dandim/Danyon setingkat, pejabat personel dan intel Pam Triwulan III TA 2019, Senin (19/8/2019) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Setio Budi Raharjo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya strategis dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman,pengetahuan dan informasi bagi para unsur pimpinan dalam jajaran Kodam XIII/Merdeka berkaitan dengan hukum pidana dan hukum disiplin yang berlaku dalam organisasi TNI Angkatan Darat. “Pada intinya kegiatan ini dimaksudkan agar penerapan supremasi hukum pidana dan disiplin makin membaik dan meningkat lagi.”katanya sambil menekankan faktor ketidaktahuan juga salah satu penyebab terjadinya pelanggaran umum

Kegiatan yang kerjasama dengan Direktorat Hukum Angkatan Darat itu mengusung tema “Melalui Penataran Hukum Sebagai Fungsi Komando Kita Tingkatkan Kemampuan Para Dansat Setingkat Dandim/Danyon, Pejabat Personel dan Pejabat Intel/Pam Dalam Mengoptimalkan Pembinaan dan Penyelesaian Permasalahan Hukum Satuan.

Baca Juga:  Kapolri Jenderal Badrodin Haiti Berpamitan di Hari Bhayangkara ke-70

Pa Ahli Hukum dan Ham Ditkumad Kolonel Chk Andi Ruskandi selaku ketua tim kepada Manadonews.co.id mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari ada 5 materi yang akan disampaikan diantaranya, Pertanggungjawaban komando, Keankuman dan kepaperaan, Disiplin dan Administrasi serta Penyelesaian perkara pidana “Kegiatan ini sangat menunjang untuk implementasi penegakkan hukum dan disiplin khususnya dalam kaitan pertanggung jawaban komando secara umum.”kata Andi.

Sementara itu Kakumdam XIII/Merdeka Kolonel Chk Shihabudin ketika diwawancarai Manadonews.co.id mengatakan kegiatan ini adalah bentuk sosialisasi sekaligus evaluasi tentang penerapan hukum pidana dan disiplin khususnya oleh para pimpinan dalam jajaran Kodam XIII/Merdeka. “Diharapkan dengan kegiatan ini para komandan tidak ragu jika mengambil keputusan atau menindaklanjuti bahkan menjatuhi hukuman bagi prajuritnya baik pelanggaran hukum pidana dan disiplin sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Darat.”ungkap Shihab sapaan akrab Kakumdam XIII/Merdeka.

Shihab menambahkan kegiatan ini juga sebagai sosialisasi tentang tugas,fungsi dan tanggung jawab unsur pimpinan dalam jajaran Kodam XIII/Merdeka, sehingga tidak salah dalam pelaksanaan tugas sehari. “Dengan pelaksanaan ini dilakukan secara rutin setiap tahun, khusus dalam jajaran kodam XIII/Merdeka pada periode tahun 2018 hingga 2019 angka pelanggaran hukum dan disiplin turun sebanyak 20 persen.”tandasnya sambil menambahkan disatu sisi pelanggaran disiplin khususnya mengkonsumsi minuman keras masih cukup tinggi.

Baca Juga:  Bupati Kamaru Berang, Kapus Onggunoi Terkesan "Pandang Enteng

Adapun kegiatan yang melibatkan 50 peserta dan turut dihadiri para Pa ahli Pangdam dan Asisten Kasdam serta Kabalak kodam XIII/Merdeka itu menghadirkan 4 orang narasumber yaitu Kolonel Chk Andi Ruskandi Letkol Chk Purnomo Heru,Mayor Chk Budi Prasetyo dan Mayor Chk Novy Mewoh dengan ditandai pemasangan tanda peserta oleh Irdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Setio Budi Raharjo. (Regina.TS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *